Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel) melalui Tim Penggerak (TP) PKK mendukung pengembangan kerajinan kain songket di Desa Belatung agar semakin berkembang hingga ke tingkat nasional.

Ketua TP PKK Kabupaten OKU Zwestie Karenia di Baturaja, Rabu, mengapresiasi langkah Pemerintah Desa (Pemdes) Belatung, Kecamatan Lubuk Batang, yang telah membina kelompok penenun kain songket di desa itu dalam membuat kain khas daerah tersebut.

"Karena saat ini sudah sangat jarang sekali ada masyarakat yang mau melakukan kegiatan menenun seperti yang dilakukan kelompok tenun Desa Belatung," katanya.

Sebagai bentuk dukungan, Zwestie berjanji akan membina para perajin tangan ini agar terus eksis dalam membuat kain tenun guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, termasuk bantuan dalam pemasaran agar hasil karya mereka memiliki pasar yang bagus dengan memiliki nilai jual yang tinggi di tingkat nasional.
 


"Kelompok penenun ini nantinya dibina di bawah naungan Dekranasda OKU dan hasil tenunan akan kami tampilkan dalam kegiatan di tingkat nasional," ujarnya.

Sementara Kepala Desa Belatung Plando menjelaskan terbentuknya kelompok perajin tangan ini berawal dari keinginan masyarakat setempat yang ingin memproduksi kain tenun khas Kabupaten OKU.

Berawal dari keinginan itu, kata dia, pemerintah desa menganggarkan dana pemberdayaan masyarakat menggunakan Dana Desa (DD) untuk membeli alat dan bahan tenun, termasuk mendatangkan pelatih dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Alhamdulillah saat ini mereka sudah bisa memenuhi kebutuhan produksi dari hasil penjualan kain tenun. Namun para perajin masih terkendala pemasaran karena hanya mengandalkan pesanan saja," ujar dia.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024