Baturaja (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan Teddy Meilwansyah mengajak masyarakat di daerahnya untuk gemar makan ikan guna meningkatkan daya pikir anak agar semakin cerdas.

"Ikan merupakan makanan rendah kalori serta memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari," kata Teddy saat menghadiri lomba masak olahan ikan gabus, Makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan tingkat konsumsi ikan di Kabupaten OKU saat ini cukup tinggi, yakni mencapai angka 65 persen berkat program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang digalakkan pihaknya sejak beberapa tahun terakhir.

Gemarikan merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk gemar makan ikan.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, pikiran dan otak anak-anak,” ujarnya.


Apalagi, di Kabupaten OKU ikan sungai segar begitu mudah didapat baik dibeli di pasar maupun dengan cara menangkap langsung di Sungai Ogan sehingga direkomendasikan bagi masyarakat untuk dijadikan menu harian yang tepat untuk keluarga.

Selain menggalakkan program Germarikan, pihaknya juga sejak beberapa tahun terakhir proaktif melakukan penebaran benih ikan di Sungai Ogan dengan jumlah benih ikan yang ditebar sebanyak 18 ribu ekor pada 2022 lalu.

Adapun manfaat mengkonsumsi daging ikan, antara lain dapat meningkatkan kecerdasan otak pada anak, mencegah demensia, mengatasi penyakit kanker, menyehatkan jantung dan membantu menyehatkan persendian.

Daging ikan juga dapat menyehatkan mata, membantu kesehatan janin pada ibu hamil, menurunkan berat badan serta menjaga imun pada tubuh.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU pada tahun 2022 angka konsumsi ikan di OKU mencapai 40 kilogram perkapita atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu hanya 30 kilogram perkapita.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024