Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Provinsi Sumatra Selatan membagikan cairan Abate kepada warga dalam upaya menekan populasi nyamuk guna mencegah penularan penyakit demam berdarah dengue atau DBD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa cairan Abate dibagikan kepada warga melalui puskesmas-puskesmas yang ada di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten OKU.

Warga yang membutuhkan cairan larvasida untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk yang menjadi perantara penularan virus dengue bisa meminta Abate ke puskesmas terdekat.

Andi mengatakan bahwa Abate (Temephos) efektif untuk memberantas larva nyamuk perantara penularan virus dengue dan aman bagi lingkungan.
Cairan larvasida itu bisa dituangkan ke tempat penampungan air seperti bak mandi dan tempayan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

"Selain menggunakan Abate, masyarakat kembali kami imbau untuk tetap menerapkan pola 3M," katanya.

Upaya pemberantasan sarang nyamuk 3M mencakup kegiatan menguras dan membersihkan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas.

Andi menyampaikan bahwa kasus penularan DBD di Kabupaten OKU cenderung terus menurun.

"Untuk tahun ini baru satu kasus DBD dan mudah-mudahan tidak ada lagi penambahan jumlah kasus," kata dia.

 

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024