Baturaja (ANTARA) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir berangsur turun dari sebelumnya mencapai Rp130.000 per kilogram (Kg), kini menjadi Rp115.000/Kg.

Menurut Yani, salah seorang pedagang di Pasar Atas Baturaja, Minggu mengaku sekitar dua pekan lalu harga daging sapi sempat melonjak diangka Rp130.000/Kg atau naik dari sebelumnya kisaran Rp105.000/Kg.

Kondisi ini membuat pedagang banyak yang memilih mogok berjualan karena sepi pembeli dan omzet yang didapat turun drastis.

"Alhamdulillah saat ini harganya berangsur turun dan pasokan daging juga saat ini mencukupi sehingga saya mulai berjualan lagi," kata Yani.

Hal senada dikatakan Herman, pedagang lainnya menambahkan sejak harga daging berangsur turun daya beli masyarakat saat ini kembali normal.

Rata-rata saat ini pedagang mematok harga jual daging kisaran Rp115.000/Kg atau turun dari sebelumnya mencapai Rp130.000.

"Penurunan harga ini diiringi dengan peningkatan penjualan daging," kata dia.

Sebelum harga turun daging yang terjual setiap hari hanya sekitar 20-25 Kg, namun kini dapat lebih dari 50 Kg yang laku terjual/hari.

Ia berharap, harga jual daging kembali normal sehingga pedagang dapat menjual dengan harga murah di pasaran untuk menambah omzet sehari-hari.

"Jika harga murah otomatis daya beli masyarakat meningkat dan omzet yang kami dapat semakin banyak," harapnya.

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024