Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mengeluarkan surat edaran bupati ke setiap puskesmas dan rumah sakit di wilayah itu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin Azmi Dariusmansyah di Sekayu, Senin, mengatakan dalam surat edaran tersebut, diminta puskesmas dan rumah sakit di daerah itu untuk aktif berkoordinasi dalam mewaspadai adanya virus corona.

“Pengawasan khususnya pada klinik-klinik swasta yakni klinik perusahaan agar bekerja sama dalam mengantisipasi penyebaran dengan memberikan laporan ke Dinas Kesehatan,” kata dia.

Ia melanjutkan dalam hal rujukan kasus, akan merujuk ke RSUD Sekayu karena memiliki dokter spesialis penyakit dalam dan spesialis paru.

Selanjutnya pasien akan dirujuk ke RSMH Palembang.

Dinkes Musi Banyuasin juga membuka layanan call center 24 jam untuk puskesmas dan rumah sakit berkoordinasi terkait dengan adanya potensi warga yang terkena virus corona.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap penyebaran virur corona, terlebih warga yang bepergian atau sudah bepergian ke luar negeri.

“Kami berharap virus ini tidak masuk ke wilayah Muba (Musi Banyuasin)," kata dia.

Selain itu, kata dia, warga Musi Banyuasin harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar guna mencegah ancaman penyakit demam berdarah.

"Tidak hanya virus corona yang harus diantisipasi tetapi pada musim penghujan juga ada ancaman DBD,” kata dia.

Pewarta : Dolly Rosana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024