Palembang (ANTARA News Sumsel) – Marketplace pertama di Sumatera Selatan, Belido.id secara resmi diperkenalkan secara luas kepada seluruh masyarakat dan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Grand Ballroom Social Market (SoMa) Palembang, Jumat (23/11).

“Saya takjub ternyata Sumsel tidak kalah dengan Nasional melalui aplikasi ini,” kata Herman Deru di Palembang.

Ia berharap aplikasi Belido.id dapat segera diterima oleh masyarakat Sumsel.

“Yang terpenting adalah masyarakat Sumsel ini bisa tahu bahwa kita punya aplikasi marketplace sendiri,” tambahnya.

Ia mengatakan aplikasi Belido.id diharapkan dapat menjadi aplikasi utama bagi masyarakat untuk memudahkan transaksinya.

CEO Belido.id, Reno Irawan mengatakan Belido.id memberikan kemudahan bagi semua merchant atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan membuka usahanya.

“Semua transaksi akan aman karena Belido.id bekerja sama dengan bank Nasional dan penyimpanan (shipping) yang berintegritas,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk membuka toko di Belido.id cukup daftar dan kirim fotokopi KTP/ID, tanpa ada biaya sama sekali.

“Semua transaksi di Belido.id akan kembali ke penjual dengan nominal yang sama di daftar harga yang tertera di aplikasi,” jelasnya.

Belido.id saat ini bekerjasama resmi dengan Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, Bank Sumsel Babel, serta Bank Syariah Mandiri untuk semua transaksi.

“Belido.id juga bekerjasama dengan TIKI, JNE, JNT, NCS Logistik, dan RPX untuk proses penyimpanan barang,” tambah Reno.

Selain marketplace, Belido.id juga memberikan layanan Payment Point Online Bank (PPOB), pembelian tiket pesawat terbang, kereta api, dan tiket kapal.

“Dengan layanan berbasis PPOB, Belido.id turut melayani pembayaran tagihan rumah tangga seperti tagihan listrik, PDAM, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, tagihan kredit kendaraan, dan tagihan TV kabel,” jelasnya.

Belido.id turut memberikan fasilitas untuk pembelian pulsa listrik dan telepon, pembelian voucher hotel dan booking, serta fasilitas lainnya.

Reno mengatakan Belido.id turut meluncurkan aplikasi Belijek yang akan bekerjasama dengan pemerintah selaku regulator, dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk membantu menciptakan ekosistem moda transportasi berbasis daring (online) yang nyaman, aman, dan terjangkau.

“Belijek menawarkan win win solution, baik kepada mitra maupun konsumen dengan harga yang tetap terjangkau,” ujarnya.

Reno mengatakan Belido.id meyakini potensi produk-produk  lokal Sumsel masih sangat besar dan menjadi tantangan serta tanggung jawab Belido.id agar semua produk lokal dapat dikenal luas secara nasional hingga internasional.

Belido.id tidak hanya berkonsentrasi di Sumsel, namun juga provinsi lain di Sumatera seperti Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Bangka Belitung.

Tokoh inovasi Indonesia, Dahlan Iskan turut membuka secara resmi aplikasi Belido.id.

“Semoga dengan aplikasi ini masyarakat Sumsel dapat bertransaksi serba mudah dan lebih modern,” tutupnya.


Pewarta : Fernando Tri Tanjung
Editor : Erwin Matondang
Copyright © ANTARA 2024