Palembang (ANTARA News Sumsel) - PT KAI Divisi Regional III Palembang menerjunkan 390 personel keamanan gabungan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2018.

"Lebaran tahun ini sama seperti sebelumnya, kami mulai meningkatkan operasional khususnya segi keamanan, kami menggaet anggota Polri, TNI,  dan tambahan dari pihak kami sendiri," Kata Eksekutif Vice President Divre III Palembang Hendy Helmy saat apel kesiapan angkutan lebaran di Stasiun Kertapati Palembang, Selasa. 

Menurutnya selain penerjunan personel, keamanan dan keselamatan kereta Api juga ditingkatkan seperti menyiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di sejumlah titik yang rawan bencana amblas, longsor dan banjir.  Eksekutif Vice President Divre III Palembang Hendy Helmy saat di wawancari wartawan di Palembang, Selasa (5/6/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18) Pihaknya turut menambah Petugas pemeriksa rel dan flying gang (regu terbang/siaga) mengantisipasi kerusakan rel akibat teknis maupun non teknis. 

Dia menjelaskan  ada sekitar 51 ribu lebih pemudik dari Stasiun Kertapati ke berbagai jurusan di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung tahun ini, meningkat 7 persen dari musim mudik 2017.

"Dari Jumlah prediksi penumpang itu kami hanya menambah gerbong kapasitas 163 orang, diberangkatkan tiap tanggal ganjil," ujar Hendy. 

Ia menambahkan tiket kereta api keberangkatan dari stasiun Kertapati sudah terjual 81 persen dimana kelas ekonomi sudah ludes untuk tanggal keberangkatan 6-25 Juni.
 

Pewarta : Aziz Munajar
Editor : Erwin Matondang
Copyright © ANTARA 2024