Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Festival Putri Bumi Sriwijaya yang diselenggarakan Putri Bumi Sriwijaya di Jakarta Selatan pada Kamis (29/3) merupakan bentuk penghargaan terhadap ragam budaya dan mempromosikan Sumatera Selatan.

Ketua Panitia Acara Festival Bumi Sriwijaya, Early F Yahya dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat, menyatakan, selain akan memperkenalkan Sumsel, acara ini juga turut meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

Menurut Early Yahya, diangkatnya kerajinan-kerajinan ke tingkat nasional maupun internasional akan meningkatkan ekonomi rakyat Sumatera Selatan.

"Kita akan melakukan kerja sama dengan beberapa organisasi yang sudah mengadakan pembinaan UMKM tepatnya kain Songket yang merupakan khas Sumsel," tuturnya.

Festival ini sendiri diselenggarakan sejak 29 Maret hingga Minggu (1/4) dengan kegiatan-kegiatan seperti diskusi, pameran UMKM, tranformasi penggunaan dan pecinta songket dari masa ke masa serta bazzar dan lomba kontes budaya.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin seusai acara sangat menghargai diselenggarakanya kegiatan Festival Putri Bumi Sriwijaya ini.  

Menurut Alex, diselenggarakanya kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah wistawan baik lokal maupun mancanegara.

Alex menambahkan, kegiatan ini secara tidak langsung juga akan memperkenalkan Sumatera Selatan  secara luas baik budaya, kuliner dan kearifan lokal.

"Masyarakat Palembang di Jakarta banyak tapi banyak juga yang belum tahu tentang sumatera selatan baik dari segi budaya, kuliner jadi kami memperkenalkan ini sebagian dari Sumsel," ujarnya.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024