Banggai, (ANTARA Sumsel) - PT Medco Energi Internasional Tbk melalui kerja sama atau "Joint Operating Body" Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi melakukan pengapalan perdana kondensat dari fasilitas produksi Senoro Gas Hulu, Sulawesi Tengah.

Dalam siaran pers MedcoEnergi yang diterima redaksi Antarasumsel.com di Palembang, Rabu, menjelaskan Kargo kondensat dijual dengan skema "free on board delivery point" dimana pembeli akan menanggung biaya pengiriman kondensat.

Pengapalan perdana ini merupakan bagian MedcoEnergi sebagai salah satu pemegang saham JOB-PMTS, sedangkan pengapalan selanjutnya akan menjadi bagian Pertamina Hulu Energi dan pemerintah.

Kapal tanker yang membawa 210.000 barel kondensat bernama Nord Snow Queen ini, memulai proses pemuatan sejak 16 Agustus 2015 sekitar pukul 17.00 WIB, lalu meninggalkan Senoro Marine Terminal sekitar pukul 02:00 WIB pada 18 Agustus 2015.

Presiden Direktur & CEO MedcoEnergi Lukman Mahfoedz menjelaskan pengapalan kondesat ini merupakan bukti kesuksesan perseroan dalam menyelesaikan tahap akhir dari aspek komersial penting dalam proyek.

"Oleh karena itu, kami berharap pemerintah dapat memberikan kesempatan yang lebih besar ke depannya bagi perusahaan nasional untuk terus berkiprah mengembangkan energi di Indonesia," katanya.

Mengenai JOB-PMTS, katanya, fasilitas produksi senoro upstream gas dioperasikan oleh "Joint Operating Body Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB-PMTS) dimana pemegang sahamnya terdiri atas MedcoEnergi (30 persen), PT Pertamina (50 persen), dan Tomori E&P Ltd (20 persen).

Proyek ini dirintis oleh MedcoEnergi setelah mendapatkan blok JOB Senoro Tomori pada 2000 hingga 2005. MedcoEnergi berusaha mengembangkan lapangan gas ini yang memiliki cadangan gas sebesar 1.9 TCF namun lokasinya cukup remote, jauh dari jaringan infrastruktur gas dan pasar gas.

Total investasi Senoro Upstream sebesar 1,2 miliar dolar AS. Fasilitas Produksi Senoro Upstream Gas memiliki dua train fasilitas produksi yang mampu menghasilkan produksi hingga 310 MMSCFD dan kondensat sejumlah 8.500 barel per hari (bph).

MedcoEnergi adalah sebuah perusahaan publik energi terpadu dengan fokus pada kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi yang memiliki operasi di Indonesia termasuk di antaranya 9 blok minyak dan gas  dan memiliki partisipasi ekonomi di sebuah lapangan eksplorasi.

Di luar negeri beroperasi di Libya, Oman, Papua Nugini, Tunisia, Yaman dan Teluk Meksiko di Amerika Serikat.

Selain itu juga mengoperasikan beberapa pembangkit listrik tenaga gas dan uap untuk memasok listrik bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN), memiliki unit usaha pertambangan batu bara serta distribusi gas.(rel)

Pewarta :
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024