CIMB Niaga dukung penanaman bambu melalui CSR

id sumsel, cimb niaga, tanaman bambu

CIMB Niaga dukung penanaman bambu melalui CSR

Bank CIMB Niaga terus kembangkan program CSR pemberdayaan potensi di daerah, salah satunya bantuan pengembangan budidaya dan penanaman bambu berbasis komunitas sekaligus bentuk kontribusi menjaga kelestarian lingkungan serta bumi. ANTARA/HO/Corsec

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Bank CIMB Niaga terus kembangkan program CSR pemberdayaan potensi di daerah, salah satunya bantuan pengembangan budidaya dan penanaman bambu  berbasis komunitas sekaligus bentuk kontribusi menjaga kelestarian lingkungan serta bumi.

"Bambu merupakan pohon multi fungsi dan guna, bisa untuk menjaga lingkungan sebagai penyerap dan penyimpan air, penguat lapisan tanah, untuk bahan bangunan dan juga ada untuk bahan makanan (rebung), sehingga itu menjadi salah satu program CSR CIMB Niaga," kata SVP Corporate Communication Head Bank CIMB Niaga  Hery Kurniawan dalam Media Gathering di Palembang Senin (5/8/2024).

Ia menyebutkan, program CSR tersebut dikembangkan di salah satu daerah di Jawa Timur dengan melibatkan komunitas masyarakat di sana. Program tersebut berhasil, mendapat respon dan akan dikembangkan di daerah lainnya.

Tanaman bambu banyak manfaatnya bagi lingkungan dan masyarakat, dan selama ini bambu menjadi salah satu bahan baku untuk berbagai bahan kriya bagi masyarakat.

"Kita akan kembangkan di daerah lainnya, termasuk di Sumatera Selatan. Kami mengajak masyarakat untuk menghadirkan kreasi dan inovasi program   pelestarian lingkungan yang memberikan manfaat secara berkelanjutan," katanya.

Program ramah lingkungan lainnya juga ditunjukkan dengan komitmen mendukung pertumbuhan komunitas dan kepemilikan mobil listrik yang merupakan ikhtiar nasional mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Sementara itu Head of Region Sumatera, Maya Sartika mengatakan CIMB Niaga juga terus konsisten dalam mendorong praktik bisnis yang lebih bertanggung jawab sesuai prinsip Lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Pada semester I 2024, hampir 26 persen dari total pembiayaan bank atau setara dengan Rp56,4 triliun, mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG).

“Hal ini merupakan bukti komitmen kami untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang, sejalan dengan pesan keberlanjutan CIMB Niaga #SekarangUntukMasaDepan,” kata Maya.

Adapun acara media gathering yang digelar di Palembang, itu sekaligus menjadi rangkaian dari The Cooler Earth Sustainability Series 2024, yaitu misi bank swasta terbesar kedua di Indonesia itu  untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif untuk membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan bumi yang lebih lestari.