Intel Polres OKU Timur disebar di jalur arus balik

id Arus balik, anggota intelijen, Idul Fitri, Polres OKU Timur

Intel Polres OKU Timur disebar di jalur arus balik

Pengamanan arus balik di stasiun kereta api. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Martapura (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menyebar anggota intelijen di sejumlah tempat keramaian dan jalur mudik guna menjaga keamanan masyarakat selama arus balik Idul Fitri tahun 2024.

"Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan arus balik Lebaran di Kabupaten OKU Timur berjalan aman dan kondusif," kata Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono di Martapura, Senin.

Dia mengatakan, puluhan anggota intelijen Polres OKU Timur diterjunkan di sejumlah tempat keramaian mulai dari area stasiun kereta api, loket bus AKAP hingga SPBU di wilayah itu.

Anggota yang diterjunkan itu bertugas menjaga keamanan selama arus balik dari tindak kriminalitas dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tempat keramaian.

"Tim deteksi dari intelijen terus melalukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten OKU Timur selama arus balik Idul Fitri 2024," ujarnya.

Kapolres menambahkan selama Operasi Ketupat Musi 2024, pihaknya juga menyiapkan dua Pos Pengamanan (Pospam) di kawasan Gumawang Belitang dan Pasar Martapura, Kecamatan Martapura.

Kemudian terdapat pula satu Pos Pantau yang disiapkan di SPBU Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Untuk Pos Pantau ini, kata dia, disiapkan guna memantau arus mudik dan balik Lebaran di sepanjang Jalan Lintas Sumatera mulai dari perbatasan Provinsi Lampung dengan Kabupaten OKU Timur.

"Sejauh ini arus balik Idul Fitri di wilayah Kabupaten OKU Timur masih terpantau normal belum terjadi penumpukan kendaraan pemudik yang melintas untuk pulang kembali ke daerah asal," ujarnya.*