Dortmund telan Freiburg 3-0, Donyell Malen cetak dua gol

id Borussia Dortmund,Freiburg,Liga Jerman,Donyell Malen,Niclas Fullkrug,Wolfsburg ,Eintracht Frankfurt

Dortmund telan Freiburg 3-0, Donyell Malen cetak dua gol

Foto arsip - Penyerang Dortmund asal Belanda, Donyell Malen, usai mencetak gol dalam pertandingan Bundesliga antata BVB Borussia Dortmund dan Eintracht Frankfurt di Dortmund, Jerman, pada 22 April2023. (AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund mencatat kemenangan meyakinkan 3-0 atas Freiburg di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jumat malam waktu setempat.

Donyell Malen mencetak dua gol, sedangkan satunya lagi dikemas Niclas Fullkrug, demikian catatan Bundesliga.

Dortmund masih bertahan pada posisi ke-4 klasemen Liga Jerman dengan 40 poin dari 21 pertandingan, sedangkan Freiburg menempati peringkat tujuh dengan 28 poin.

Die Borussen mendominasi  laga ini dengan 66 persen penguasaan bola dan  melepaskan total 17 tendangan ke arah gawang yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Tapi Freiburg yang mengambil inisiatif menyerang sampai menciptakan peluang lewat sundulan Lucas Hoeler yang  menyamping dari gawang Dortmund.

Dortmund kemudian  mendapatkan peluang lewat tendangan salto Malen, akan tetapi kiper Freiburg Noah Atubolu menghalaunya.

Malen akhirnya  membobol gawang Freiburg pada menit ke-16 lewat tendangan kaki kanannya setelah menerima umpan Niclas Fullkrug.

Freiburg hampir menyamakan kedudukan lewat sundulan Michael Gregoritsch setelah menerima umpan silang Roland Sallai, namun  dipatahkan kiper Dortmund Gregor Kobel.

Pada menit tambahan babak pertama, Dortmund  menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 45+7 lewat Malen yang memanfaatkan umpan Fullkrug.

Pada babak kedua, giliran Dortmund mengambil inisiatif menyerang dan mendapatkan peluang lewat tendangan jarak jauh Jamie Bynoe-Gittens yang ditepir Atubolu.

Atubolu kembali menyelamatkan gawang Freiburg dari kebobolan setelah mementahkan peluang emas yang lahir dari tendangan Fullkrug.

Dortmund terus menggempur lini pertahanan Freiburg, namun penampilan gemilang Atubolu menyelamatkan mereka dari kebobolan.

Salah satu penyelamatan yang dilakukan kiper berusia 21 tahun itu adalah kala mementahkan tendangan Marco Reus.

Tapi akhirnya Atubolu kebobolan lagi setelah Fullkrug berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan silang yang dikirimkan pemain pinjaman Chelsea, Ian Maatsen, bola disambut oleh sundulan Fullkrug unuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 pada menit 87, yang bertahan hingga pertandingan usai.

Selanjutnya Borussia Dortmund menghadapi Wolfsburg pada Sabtu pekan depan, sementara Freiburg menjamu Eintracht Frankfurt sehari setelahnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dortmund telan Freiburg 3-0, Donyell Malen cetak dua gol