Bupati OKU Timur serahkan kunci rumah program bedah rutilahu gratis

id Program bedah rumah, rumah tidak layak huni, dana renovasi, Pemkab OKU Timur

Bupati OKU Timur serahkan kunci rumah  program bedah rutilahu gratis

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah melakukan penyerahan kunci program bedah rumah tahun 2023, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Martapura (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan, Lanosin Hamzah melakukan penyerahan kunci rumah program bedah rumah gratis kepada 74 kepala keluarga di wilayah itu.

"Hari ini saya secara langsung menyerahkan kunci bedah rumah untuk 74 rumah warga yang sudah direnovasi secara gratis oleh pemerintah pada tahun 2023," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa.

Dia menjelaskan program bedah rumah yang dilaksanakan pada tahun 2023 tersebut menyasar 74 rumah warga yang tidak layak huni untuk direnovasi secara gratis. Program itu ditujukan untuk membantu masyarakat miskin agar memiliki rumah yang layak dan nyaman dihuni bersama keluarga.

Dalam program tersebut, kata dia, pemerintah menggelontorkan sejumlah dana renovasi untuk memperbaiki bagian atap, dinding, dan lantai rumah, agar layak ditempati.

Masyarakat yang menerima bantuan program bedah rumah tersebut, menurut Bupati OKU Timur, sebelumnya sudah melalui proses pendataan dan dinyatakan memenuhi syarat kriteria penerima bantuan dari pemerintah pusat.

"Salah satu syarat dan kriteria penerima bantuan antara lain yaitu atap rumah terbuat dari daun atau lainnya dan dinding rumah berbahan bambu serta berlantai tanah," ujar dia.

Melalui program bedah rumah, ia berharap masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup dengan memiliki hunian yang layak ditempati bersama keluarga.

"Sejauh ini masih ada sekitar 8.000 unit rumah lagi yang akan dibedah secara bertahap. Mudah-mudahan kedepannya seluruh masyarakat OKU Timur dapat memiliki rumah yang layak dihuni," ujarnya.