Pemprov Sumsel gelar operasi pasar beras bonus cabai gratis

id Sumsel,pj gubernur sumsel,Cabai gratis,Operasi pasar,Inflasi

Pemprov Sumsel gelar operasi pasar beras bonus cabai gratis

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Palembang, Kamis (21/12/2023). (Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Palembang, Kamis (21/12/2023).

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menggelar operasi pasar dan membagikan cabai gratis kepada warga di wilayah itu guna menekan angka inflasi.

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Palembang, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut di pasar KM 5 dan Lemabang Kota Palembang. Dalam pasar murah itu, pihaknya menyediakan sebanyak 40 ton beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), cabai merah keriting 300 kilogram, bawang merah 200 kilogram, bawang putih 200 kilogram, telur 210 kilogram. 

Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut ada pembagian cabai 1/2 Kg, bawang merah dan bawang putih 1/4 Kg secara gratis. Mereka yang membeli beras dengan harga standar Rp 10 ribu per kilogram bisa memilih dari salah satu sembako tersebut. 

Kemudian, tersedia pula gula pasir dijual Rp 15.500  telur Rp 20 ribu, tepung Rp 10 ribu dan lainnya.

"Khusus cabai keriting dan bawang diberikan secara gratis ketika masyarakat berbelanja beras SPHP dalam kemasan 5 kilogram," katanya.

Ia mengatakan pasar murah itu akan digelar secara rutin hingga awal tahun 2023. Pelaksanaannya dilakukan dalam waktu seminggu empat kali, dan setiap hari Senin, Selasa dan Kamis. 

"Operasi pasar akan terus kami lakukan sampai batas yang tidak ditentukan, minimal sekali dalam rangka Natal 2023 dan Tahun 2024, jadi sampai akhir tahun sampai awal tahun 2024 akan terus digelar pasar murah," ujarnya. 

Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka memastikan tidak ada lonjakan harga dan kebutuhan masyarakat terpenuhi sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkan bahan pokok, kata Fatoni.