Kemenkumham Sumsel kembangkan kompetensi SDM

id Pegawai, berikan penghargaan, penghargaan sdm, sdm, pelatihan, kompetensi sdm, kompetensi, tingkatkan sdm

Kemenkumham Sumsel kembangkan kompetensi SDM

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menerima penghargaan dari Menkumham Yasonna Laoly (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dengan berbagai pelatihan.

"Sepanjang 2023 ini telah dilakukan pelatihan manajerial/kepemimpinan kepada 197 pegawai, serta pelatihan teknis dan pelatihan fungsional kepada 2.023 orang pegawai," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, pihaknya terus mengupayakan pegawai di satuan kerja yang tersebar di 17 kabupaten/kota mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM.

Pelatihan tersebut menjadi bukti bahwa Kanwil Kemenkumham Sumsel berkomitmen penuh dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, katanya.

Pengembangan kompetensi SDM yang telah dilakukan sepanjang tahun ini, mendapat apresiasi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM.

"Alhamdulillah tahun ini kami memperoleh penghargaan sebagai unit kerja Kantor Wilayah dengan nilai respon tercepat atas tindak lanjut rekomendasi penilaian kompetensi dengan nilai 98.33," ujarnya.

Penghargaan tersebut diberikan setelah tim pusat melakukan penilaian sukses menyelenggarakan penilaian kompetensi seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel pada tahun ini.

Sumber daya manusia merupakan salah satu tumpuan penggerak suatu organisasi, maju mundurnya suatu organisasi bertumpu pada bagaimana pengembangan dan pengelolaan SDM yang ada.

"Jika pengembangan SDM tidak menjadi prioritas maka bangsa ini akan mengalami kemunduran, hal ini akan menjadi ancaman serius dalam Pembangunan bangsa ini," ujar Ilham.