Kodam II Sriwijaya asah kemampuan tempur siswa Dikmaba 2023

id Kodam II Sriwijaya, prajurit, asah kemampuan bertempur, bertempur, siswa, dikmaba, siswa dikmaba

Kodam II Sriwijaya asah kemampuan tempur siswa Dikmaba 2023

Kodam II Sriwijaya mengasah kemampuan bertempur siswa Dikmaba TNI-AD Tahun 2023. (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya mengasah kemampuan bertempur siswa Dikmaba TNI-AD Tahun 2023 menghadapi berbagai rintangan di lapangan.

"Hal tersebut merupakan bagian dari latihan untuk mempersiapkan para calon prajurit menghadapi situasi di lapangan yang mungkin terjadi saat melaksanakan tugas," kata Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Kav Rohyat Happy Ariyanto di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan dalam rangka meningkatkan dan mengasah kemampuan bertempur, maka pada akhir November 2023 siswa Dikmaba TNI-AD melaksanakan latihan penyeberangan sungai di Sungai Puntang Kabupaten Lahat, Sumsel.

Dalam pelaksanaannya, para siswa Dikmaba TNI-AD dilatih melakukan penyeberangan sungai dengan menggunakan teknik khusus yang melibatkan keterampilan navigasi, keselamatan, dan penggunaan peralatan yang tepat.

Teknik-teknik yang digunakan dalam latihan tersebut meliputi teknik penggunaan perahu, tali temali, dan teknik penyeberangan melintasi sungai dengan aman, katanya.

"Materi penyeberangan sungai tersebut sangat diperlukan bagi prajurit, terutama bagi pasukan Infanteri karena dalam suatu pertempuran sering kali kita menjumpai rintangan yang salah satunya berupa sungai," ujar Kapendam II/Swj.

Sementara Pelatih Siswa Dikmaba TNI-AD Tahun 2023 Letda Inf Sugiarto menambahkan pembekalan materi penyeberangan sungai tersebut dijelaskan hambatan yang akan dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya.

Kemudian, kata dia, pihaknya mengajarkan siswa mengenai cara pengemasan alat perlengkapan untuk mempermudah pelaksanaan penyeberangan dan meningkatkan kemampuan bertempur.