Tiga emas di Asian Games

id asian games,medali indonesia,kontingen indonesia

Tiga emas di Asian Games

Perenang putra Indonesia Muhammad Dwiky Raharjo (kedua kiri) bersama Joe Aditya Wijaya Kurniawan (kiri) mengamati papan waktu usai final 4x100 meter gaya ganti estafet campuran Asian Games 2022 di Hangzhou Olympic Sports Centre Aquatic Sports Arena, China, Rabu (27/9/2023). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.

Jakarta (ANTARA) - Duta olahraga Indonesia terus berjuang untuk mengukir prestasi di tingkat Asia,

Kontingen Indonesia menambah satu medali perak dan dua perunggu pada Asian Games 2022 dan bertahan di peringkat 8 dalam klasemen sementara perolehan medali pesta olahraga terbesar Asia tersebut di Hangzhou, China, Rabu.

Empat hari setelah pembukaan pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut, kontingen Indonesia yang berkekuatan 413 atlet untuk sementara mengumpulkan 3 medali emas, 2 perak, dan 7 perunggu, yang menempatkan mereka tetap di peringkat 8.

Posisi Indonesia dalam klasemen medali masih unggul di atas negara Asia Tenggara lainnya yakni Singapura, yang mengumpulkan 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu di posisi kesembilan, dan juga Malaysia di posisi ke-13 dengan 1 emas, 2 perak, dan 4 perunggu.

Namun peringkat Indonesia berada di bawah salah satu tim kuat Asia Tenggara Thailand yang kini menempati peringkat kelima dengan perolehan 6 emas, 3 perak, dan 8 perunggu.

Kontingen tuan rumah China memperlihatkan bahwa mereka menjadi salah satu negara yang akan sulit dikalahkan dengan melesat meninggalkan para pesaingnya dalam perolehan medali dengan 76 emas, 43 perak, dan 21 perunggu.

Peringkat kedua ditempati Korea Selatan dengan perolehan 19 emas, 18 perak, dan 33 perunggu, namun dibayangi oleh tetangga mereka Jepang yang mengumpulkan 15 emas, 27 perak, dan 24 perunggu.