Polda Sumsel jamin keamanan dan kelancaran jalur lintas sumatera

id Polda Sumsel, pertahankan keamanan, kelancaran Jalimtim, jalinteng, arus balik, lebaran, idul fitri, jalan lintas

Polda Sumsel jamin keamanan dan kelancaran jalur lintas sumatera

Polda Sumsel turunkan petugas mengamankan dan mengatur kelancaran Jalan lintas. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan terus berupaya mempertahankan keamanan dan kelancaran jalan lintas timur (Jalintim) dan jalan lintas tengah (Jalinteng) hingga berakhirnya arus balik Lebaran Idul Fitri pada 2 Mei 2023.

Kondisi Jalintim Palembang- Jambi dan Jalinteng  kawasan Muara Enim-Ujan Mas, Sabtu, yang tergolong rawan terjadi kemacetan lalu lintas dapat dikendalikan aman dan lancar dengan menurunkan petugas pengaturan lalu lintas di jalur rawan kemacetan serta patroli di jalur rawan kejahatan.

Kasubbid Penmas Polda Sumsel AKBP Yenni Diarti didampingi Kasubdit Dalmas AKBP Sutrisno menjelaskan bahwa personel penebalan Operasi Ketupat Musi 2023 Direktorat Samapta Polda Sumsel melakukan pengaturan lalu lintas di Jalintim Palembang - Jambi, tepatnya di Desa Gajah Mati, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin.

Anggota yang di pimpin Ipda Edy Hamtasi (Danton Dalmas) telah melakukan patroli dan membantu pengaturan lalu lintas di Jalintim yang macet akibat ada mobil pemudik yang rusak  berhenti di badan jalan. 

Pengaturan lalu lintas itu juga dilakukan di jalan yang rawan kecelakaan lalu lintas sebagai upaya pencegahan agar pemudik bisa sampai ke tujuan dengan selamat.

Selain itu, personel Polda Sumsel dan jajaran di 17 kabupaten dan kota, juga berupaya mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Kemudian mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat di wilayah Sumsel untuk berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang telah terpelihara dengan baik selama ini.

Sedangkan pengamanan Jalinteng bagian barat di bawah pimpinan Ipda Yanuar (Danton Dalmas) selain membantu pengaturan lalu lintas, juga melakukan patroli dialogis kepada masyarakat.

Melalui kegiatan pengaturan lalu lintas dan patroli  di Jalimtim dan Jalinteng Sumatera dalam wilayah Sumsel diharapkan bisa dihindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemudik Lebaran, kata dia pula.