Kenali lintasan jalur mudik di Sumsel

id lebaran 2023, mudik lebaran,sumsel

Kenali lintasan jalur mudik di Sumsel

Peta Jalur Mudik 2023 di wilayah Provinsi Sumsel (ANTARA/HO/RengiatOps Polda Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Pemudik berkendaraan roda empat maupun roda dua yang akan melintas di jalur atau jalan tol dan jalan raya utama di Provinsi Sumatera diharapkan untuk membawa peta perjalanan, khususnya bagi yang baru pertama melintas.

Hal itu untuk membantu memilih jalan dan agar tidak terhindar dari kesalahan mengambil jalan. Karena kesalahan mengambil jalan akan berpengaruh kepada kenyamanan mudik karena terkadang harus berbalik arah.

Secara umum pemudik berkendaraan di jalur utama tidak akan kesulitan, karena tinggal membuka aplikasi petunjuk arah, namun ada kalanya pengendara lebih enjoy dengan peta perjalanan.

Termasuk kenali jalur alternatif yang memungkinkan diambil, dan idealnya selalu berkoordinasi dengan petugas kepolisian di lapangan untuk menunjuk jalan alternatif yang aman dan kondisinya bagus.

Kenali lintasan, kondisi jalan,rest area, SPBU hingga fasilitas lainnya dengan mencari referensi atau mencari informasi melalui media massa, cetak, radio dan televisi.

Khusus yang melintas di jalur Sumatera Selatan, kali ini sudah tersedia atau difasilitasi dengan jalan tol Trans Sumatera dari Bakauheuni hingga Palembang, bahkan kini sudah dibuka jalur tol fungsional Indralaya Prabumulih.

Beristirahatlah di rest area yang disediakan dan di rekomendasikan, dan bila lelah menginaplah di kota yang dilintasi. Kota Palembang merupakan salah satu kota yang cocok untuk melepas keregangan otot saat berkendara dan mudik,  melalui beberapa fasilitas umum yang ada di kota, kuliner khas, kawasan Jakabaring, wisata LRT Jakabaring - Bandara dan lainnya.