Tips aman dan nyaman berkendara saat mudik

id tol,berkendara, tips berkendara aman

Tips aman dan nyaman berkendara saat mudik

Pekerja dibantu alat berat menyelesaikan pengaspalan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang (Kapal) di Jejawi, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Senin (3/4/2023). PT Waskita Sriwijaya Tol menargetkan perbaikan di Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang (Kapal) tersebut selesai pada H-10 sebelum Lebaran. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Palembang (ANTARA) - Mudik lebaran merupakan prosesi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya yang tinggal di perantauan untuk bisa berlebaran di kampung halaman.

Namun mudik harus direncanakan dan dipersiapkan biar aman di perjalanan.

Berikut ini beberapa tips atau kiat berkendaraan aman.

1. Lakukan pemeriksaan pada ban dan rem
Pengecekan kondisi ban dan rem berperan dalam persiapan perjalanan anda sebelum mudik. Selain kondisinya, tekanan ban juga diperlukan untuk dicek sehingga tekanannya ideal untuk melaju dengan kecepatan aman.

2. Gunakan sabuk pengaman
Biasanya penggunaan sabuk pengaman kerap diabaikan, itu tidak boleh dilakukan karena menyangkut untuk keselamatan anda di jalanan. Menggunakan sabuk pengaman tidak pernah mengeluarkan uang dan sudah tersedia di kendaraan, maka pakailah dengan baik.

3. Beristirahatkan setiap dua jam perjalanan selama 30 menit.
Ini perlu dilakukan, karena ada batas kemampuan mata dan konsentrasi mengemudi sehingga harus dihemat, terutama yang melakukan perjalanan jarak jauh.

4. Jaga kecepatan maksimum berkendaraan
Hal ini yang kerap menjadi penyebab kecelakaan karena melaju dengan kecepatan di atas batas yang diperbolehkan di jalan tol. Ikuti rambu-rambu kecepatan di jalan raya untuk kenyamanan dan keselamatan anda.

5. Hindari bermain HP saat berkendara
Jelas, pengemudi tidak boleh menggunakan HP saat memegang kemudi. Bahkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi seperti layar visual di dashboard juga perlu diminimalisasi. Berkendaralah senyaman mungkin.

6. Istirahat di rest area
Pemilihan rest area atau tempat beristirahat sangat penting bagi pemudik. Jangan sesekali beristirahat di bahu jalan, kecuali ada gangguan pada kendaraan. Itu pun harus diberi tanda segitiga merah untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain yang melintas di lokasi itu.

7. Saldo tol mencukupi
Mengecek saldo tol juga menjadi salah satu bagian kenyamanan. Jangan sampai kartu tol anda kurang saldonya, karena akan berakibat tidak hanya menghambat diri sendiri namun juga orang lain yang mengantri di belakang kita saat di tol gate akibat pintu tidak terbuka akibat kurang saldo.