PMI Palembang ajak masyarakat jadi pedonor darah

id sumsel,palembang,donor darah,kantung darah,kebutuhan darah,pmi kota palembang

PMI Palembang ajak masyarakat jadi pedonor darah

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak masyarakat untuk donor darah dalam upaya memenuhi kebutuhan darah di kota ini. (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak masyarakat untuk donor darah dalam upaya memenuhi kebutuhan darah di kota ini.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Palembang untuk donor darahnya, karena kebutuhan darah di kota ini terus meningkat walaupun pandemi COVID-19 sudah melandai, setiap bulan masyarakat membutuhkan 7.000 kantong" kata Ketua PMI Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat.

Donor darah itu, katanya, memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

“Kegiatan donor darah itu berdampak baik untuk kesehatan, sebab itu masyarakat diharapkan dapat donor darah secara rutin setiap dua bulan sekali,” ucap Fitrianti.

Di samping itu, untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI mengadakan pelayanan donor darah bekerja sama dengan badan usaha milik daerah dan instansi pemerintah.

Dalam beberapa waktu dekat, PMI juga akan mengadakan pelayanan donor darah setiap kelurahan di kota ini.

“Bagi masyarakat yang belum pernah donorkan darah untuk segera mendatangi pelayanan donor darah tersebut, karena setiap tetes darah itu berharga” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa selama ini stok darah golongan A positif yang terbilang sedikit.

"Kami susah untuk menemukan pendonor golongan darah A positif, kebanyakan pendonor bergolongan darah O dan B,” katanya.*