Diskominfo: Sebanyak 111 keluarga di Sumsel terima bantuan STB

id stb gratis sumsel, ASO sumsel, transformasi digital sumsel

Diskominfo: Sebanyak  111 keluarga di Sumsel terima bantuan STB

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumatera Selatan Achmad Rizwan (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Selatan (Diskominfo Sumsel) mengumumkan sebanyak 111 kepala keluarga di daerah ini sudah mulai menerima bantuan perangkat penyiaran televisi digital Set to Box (STB) gratis.

“Sumsel ada sebanyak 111 Kepala Keluarga yang menerima pembagian tahap pertama bantuan STB,” kata Kepala Diskominfo Sumsel Achmad Rizwan usai rapat kordinasi percepatan analog switch off (ASO) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika secara daring di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pembagian perangkat STB gratis tersebut disalurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui penyelenggara swasta multifleksing atau televisi digital terrestrial.

Para penerima STB gratis dari pemerintah pusat itu merupakan masyarakat yang masuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. “Kami Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota ini siap mengawal penyaluran STB tahap pertama yang proses penyaluran masih terus berlangsung sampai hari ini,”kata dia.

Dari 111 Kepala Keluarga penerima STB tersebut sementara ini paling banyak merupakan warga di tiga Kabupaten dan satu kota yakni, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir dan Kota Palembang.

“Nanti bakal ada penyaluran tahap dua dan tiga tapi belum diketahui berapa jumlahnya, karena merujuk pada DTKS Kementerian. Yang jelas pembagian ini akan merata ke setiap kabupaten/kota,” imbuhnya, sedikitnya sudah sekitar 207 unit perangkat STB didistribusikan ke masyarakat Palembang sejak Kamis (24/2) lalu.

Rizwan menjelaskan, ASO merupakan bentuk peningkatan pelayanan terhadap pendistribusian informasi sektor penyiaran televisi yang saat ini diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Pemerintah mengharapkan masyarakat mampu memanfaatkan secara maksimal ASO sebagai momentum migrasi penyiaran televisi analog ke televisi digital yang ditargetkan rampung 2 November 2023.

“Karena televisi digital ini menjadikan tontonan lebih jernih, siaran yang didapat lebih banyak dan informasi yang didapatkan jadi lebih lengkap,” tandasnya.