Kamboja jadi tuan rumah Asian Youth Games 2029

id AYG,Kamboja,Asian Youth Games,OCA,berita sumsel, berita palembang

Kamboja jadi tuan rumah Asian Youth  Games 2029

Final Bola Tangan Korea Kalahkan Jepang Atlet bola tangan putri Jepang, Ito Airi (ketiga kanan), mencoba memasukkan bola ke dalam gawang yang dijaga penjaga gawang putri Korea, Yeo Dahee (kedua kanan) pada babak final 7th Asian Women's Youth Handball Championship di GOR POPKI Cibubur, Jakarta, Senin (28/8/2017). Pada kejuaraan yang digelar sebagai test event jelang Asian Games 2018 tersebut tim bola tangan putri Korea memastikan diri sebagai juara setelah mengalahkan tim bola tangan putri Jepang dengan skor 34-20. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Olimpiade Asia (OCA) secara resmi mengonfirmasi Kamboja sebagai tuan rumah Asian Youth Games (AYG) V/2029 dalam pertemuan Majelis Umum OCA ke-40 di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu.

Presiden Komite Olimpiade Nasional (NOC) Kamboja, Dr. Thong Khon, mengucapkan terima kasih kepada OCA karena telah mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

Thong Khon mengatakan pelaksanaan AYG 2029 akan memanfaatkan fasilitas yang saat ini dibangun untuk SEA Games 2023, di mana Kamboja juga bertindak sebagai tuan rumah.

Kamboja saat ini tengah membangun Morodok Techo National Stadium di Ibu Kota Phnom Penh. Pembangunan stadion berkapasitas 60 ribu orang itu menghabiskan dana senilai 168 juta dolar AS (sekitar Rp2,4 triliun).

Selain stadion canggih, kompleks olahraga ini juga mencakup pusat olahraga akuatik, gimnasium, aula pelatihan dalam ruangan dan wisma atlet.

Hampir 3.000 atlet dari 45 negara diperkirakan akan bertanding dalam 18 cabang olahraga pada gelaran Asian Youth Games edisi kelima di Kamboja.

Bagi Kamboja, ini merupakan kali pertama menjadi tuan rumah Asian Youth Games. Ajang ini pertama kali bergulir pada 2009 ketika Singapura menjadi tuan rumah.

Kemudian, edisi kedua berlangsung di Nanjing, China pada 2013. Empat tahun kemudian, AYG 2017 batal bergulir setelah Sri Lanka mengundurkan diri sebagai tuan rumah.

Selanjutnya, AYG edisi ketiga di Shantou, China yang seharusnya bergulir tahun ini, harus mundur menjadi 20-28 Desember 2022 karena pandemi COVID-19. Adapun edisi keempat dijadwalkan bergulir di Tashkent, Uzbekistan pada 2025.