Ratusan warga Badui jalani vaksinasi

id Lebak,warga badui,vaksinasi warga badui

Ratusan warga Badui jalani vaksinasi

Warga Badui antre untuk menjalani vaksinasi COVID-19. ANTARA/dokumen

Lebak (ANTARA) -
Ratusan warga di pemukiman Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menjalani vaksinasi yang dilaksanakan Perkumpulan Urang Banten (PUB) melalui program Vaksinasi Peduli Badui.
 
Ketua Umum PUB Kabupaten Lebak, Pepep Faisaludin di Lebak, Kamis mengatakan sekitar 200 warga Badui dan 500 warga luar Badui menjalani vaksinasi guna mempercepat kekebalan komunal (herd imunity).

Dimana vaksinasi itu sangat penting bagi masyarakat Badui, sebab pemukiman Badui merupakan zero corona, karena setiap hari dikunjungi dari luar daerah.
 
Selama ini, cakupan vaksinasi masyarakat Badui relatif kecil.
 
Pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di Terminal Ciboleger Kabupaten Lebak.
 
"Kami mendorong warga Badui mau divaksin, sehingga kehidupan mereka sehat dan dapat mencegah penyebaran virus corona," kata Mantan Ketua DPRD Lebak.
 
Anik (50) dan Pulung (30) warga Badui yang tinggal di Kampung Kadu Jangkung Desa Kanekes Kabupaten Lebak mengaku bahwa dirinya merasa senang divaksin, meski terasa sakit dan gatal-gatal.

''Kami bahagia divaksin karena manfaatnya luar biasa untuk mencegah COVID-19, " katanya menjelaskan.

Sementara itu, Iton, seorang petugas medis dari Puskesmas Cisimeut mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal di Kampung Wisata Badui itu melibatkan 50 tenaga Vaksinator dari Dinas Kesehatan Banten, Dinkes Lebak , Puskesmas Cisimeut dan PUB.
 
Vaksinasi peduli Banten dihadiri Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk mensukseskan program vaksinasi di kawasan Badui.
 
"Kami mengapresiasi kegiatan vaksinasi minat warga Badui cukup tinggi untuk divisi, " kata Iton.