Eks PM Jepang Abe absen upacara pembukaan Olimpiade Tokyo

id Olimpiade Tokyo,Eks PM Jepang Abe,upacara pembukaan Olimpiade Tokyo

Eks PM Jepang Abe absen upacara pembukaan Olimpiade Tokyo

Dokumentasi -- Shinzo Abe, saat masih menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang, menghadiri konferensi pers di kediaman resmi perdana menteri di Tokyo, Jepang, 28 Agustus 2020. Shinzo Abe secara resmi menyatakan mengundurkan diri sebagai PM Jepang karena masalah kesehatan. (ANTARA FOTO/Franck Robichon/ Pool via REUTERS/aww)

Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang terdahulu, Shinzo Abe, tidak akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, Kyodo melaporkan, Kamis.

Abe jadi ujung tombak upaya Jepang untuk memenangi tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2013. Dia mengundurkan diri September lalu dengan alasan kesehatan.

Upacara pembukaan Olimpiade akan diadakan Jumat di Stadion Nasional Tokyo dengan jumlah tamu VIP terbatas dan tanpa penonton umum karena ibu kota Jepang itu berada di bawah kadaan darurat COVID-19.

Abe juga dikenal dengan pernah menggunakan kostum kartun karakter video game Super Mario dalam penampilan kejutan pada upacara penutupan Olimpiade sebelumnya di Rio de Janeiro pada 2016.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga memulai pertemuan maraton dengan pejabat asing yang menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, di antaranya ibu negara AS Jill Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sekitar 15 atau lebih pemimpin dunia akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade, turun dari sekitar 40 orang yang menghadiri acara yang sama pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Sekitar 70 pejabat tingkat kabinet juga akan mengunjungi Jepang. Juru bicara pemerintah, Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato, mengatakan jumlah itu belum difinalisasi.