Konsumsi BBM masyarakat di Sumbagsel naik

id konsumsi bbm,pertamina sumbagsel,bbm sumbagsel,mor ii sumbagsel,spbu

Konsumsi BBM masyarakat di Sumbagsel naik

Konsumsi produk bahan bakar minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan masyarakat di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengalami kenaikan signifikan, karena mobilitas masyarakat naik selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. (Antara/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Konsumsi produk bahan bakar minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan masyarakat di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengalami kenaikan signifikan, karena mobilitas masyarakat naik selama ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Kita memastikan stok dan penyaluran BBM aman setelah Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah ini," kata Unit Manager Communication, Relation dan CSR MOR II Umar Ibnu Hasan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan data Satgas RAFI 2021 per 16 Mei 2021, Pertamina MOR Sumbagsel mencatat adanya kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline masyarakat di wilayah Subagsel yang meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung 11,1 persen dari rata-rata konsumsi normal harian (Januari - Maret 2021) yaitu sebesar 7.448 kilo liter (KL).

Demikian juga BBM berkualitas dan ramah lingkungan jenis Pertamax konsumsinya naik sebesar 35 persen dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 733 KL, Pertamax Turbo naik 22 persen dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 53 KL, Pertalite naik 20 persen dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 4.220 KL.

Sementara itu, untuk BBM jenis Gasoil konsumsinya mengalami penurunan sebesar 8,3 persen dibandingkan konsumsi normal harian yaitu sebesar 4.517 KL.

"Hal yang sama terjadi pada konsumsi Avtur yang mengalami penurunan sebesar 13 persen dari rata-rata konsumsi normal harian yaitu sebesar 42 KL," katanya.

Menurut dia selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 yang bekerja sejak 26 April hingga 30 Mei 2021.

"Tim ini bertugas untuk memastikan agar kondisi stok dan penyaluran BBM aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami peningkatan selama puasa dan lebaran tahun ini," katanya.