RSUD Sekayu mampu layani operasi jantung

id jantung,rumah sakit,rsud sekayu,pemkab muba,musi banyuasin,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, info sumsel

RSUD Sekayu mampu layani  operasi jantung

Bupati Muba Dodi Reza Alex menerima penghargaan dari Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular Indonesia Prasetyo Edi. (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - RSUD Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menjadi rumah sakit pertama tingkat kabupaten yang mampu melayani operasi jantung di Tanah Air.

Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular Indonesia, Prasetyo Edi di Jakarta, Senin mengatakan kemampuan itu telah terbukti karena telah berhasil mengoperasi jantung 10 pasien sejak September 2020.

“Insiator ini membuat kami memberikan penghargaan dalam bentuk sertifikat,” kata Prasetyo.

Ia mengatakan RSUD Sekayu mampu menjalankan peran tersebut karena didukung oleh sarana dan prasarana serta SDM yang mempuni.

Bahkan, RSUD ini telah menerima pasien di luar Sumatera Selatan sehingga menjadi harapan baru bagi penyintas jantung di Indonesia untuk bisa sembuh dan menjalani kehidupan normal.

Tak hanya itu, RSUD Sekayu juga menyelamatkan devisa negara karena selama ini operasi bedah jantung banyak dilakukan di luar negeri.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi untuk memberikan layanan prima ke masyarakat.

Bukan hanya penyintas jantung, ia melanjutkan, Pemkab Muba telah merealisasikan asuransi kesehatan UHC yang mencakup seluruh warga masyarakat prasejahtera sejak tahun 2017.

Warga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari anggaran APBD Muba.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin juga pada 2021 akan meningkatkan kapasitas gedung RSUD dengan membangun gedung penunjang medik dan penambahan gedung rawat.