Ujian masuk UI dilakukan secara daring

id universitas Indonesia,SIMAK UI,daring,online,Ujian masuk UI

Ujian masuk UI dilakukan secara daring

Rektorat UI. (FOTO ANTARA/Feru Lantara).

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) membuka kembali penerimaan mahasiswa melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) gelombang kedua tahun 2020, yang akan diadakan secara dalam jaringan (daring) atau "online".

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof Rosari Saleh dalam keterangan di Depok, Jumat mengatakan peserta seleksi dapat mengikuti ujian dari lokasi masing-masing karena pertimbangan situasi pandemik COVID-19.

"Ujian 'online' akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), di mana setiap peserta dapat mengikuti tes dengan bantuan perangkat seperti telepon genggan atau HP, tablet, laptop, dan komputer untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut," ujar Rosari Saleh.

Ia mengatakan ujian SIMAK UI ini juga akan dibuka untuk peserta yang berada di luar negeri dengan penyesuaian waktu. Pihak panitia SIMAK UI akan melakukan pendataan dan komunikasi lebih lanjut kepada peserta yang memiliki perbedaan waktu kurang lebih dari tiga jam, sehingga dapat disediakan slot waktu bagi mereka.

Upaya untuk mengantisipasi potensi kecurangan dalam ujian online SIMAK UI, kata dia, peserta ujian akan diawasi dengan sistem aplikasi pada gawai (gadget/device) milik para peserta selama ujian berlangsung.

"Sistem pengelolaan potensi kecurangan yang dikembangkan terus kami uji coba sehingga dapat menentukan spesifikasi minimum (minimum requirement) gawai yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengerjakan soal ujian. Setelah uji coba rampung, kami akan langsung menginformasikan spesifikasi di dalam gawai apakah yang diharapkan untuk disiapkan oleh masyarakat," katanya.

Menanggapi soal keterbatasan jaringan yang tidak merata di seluruh daerah, Rosari Saleh menambahkan bahwa pelaksanaan ujian SIMAK UI gelombang 2 ini menggunakan "web browser" yang menyimpan "cache" sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil.

Jadwal pendaftaran SIMAK UI gelombang 2 tahun 2020 dibuka mulai tanggal 19 Juni – 19 Juli 2020 untuk jenjang S1 reguler, S1 paralel, S1 ekstensi/paralel lulusan D3, Vokasi (D3), profesi, spesialis, S2, dan S3. Sedangkan untuk jenjang S1 kelas internasional dibuka pada tanggal 12 Juni – 12 Juli 2020.

Daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI helombang 2 tahun 2020 sebanyak 2.744 untuk S1 reguler, 674 untuk S1 paralel, 392 untuk kelas internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 ekstensi/paralel lulusan D3.

Semua proses pendaftaran dan segala ketentuan dapat diakses melalui laman penerimaan.ui.ac.id, demikian Rosari Saleh.