Obor Olimpiade tiba di Jepang

id Olimpiade Tokyo 2020,Obor Olimpiade 2020,Api Olimpiade

Obor Olimpiade tiba di Jepang

Dua atlet Jepang peraih medali emas pada tiga Olimpiade, Tadahiro Nomura (kiri) dan Saori Yoshida membawa Obor Olimpiade setelah tiba dari Yunani di Pangkalan Udara Pasukan Bela Diri Jepang Matsushima di Higashimatsushima, Prefektur Miyagi, pada 20 Maret, 2020. (AFP/PHILIP FONG)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah pesawat yang membawa obor Olimpiade dari Yunani hari ini tiba di Jepang, di daerah yang disapu tsunami 2011, namun seremoni penyambutan tidak dihadiri seorang pun penonton. Olimpiade dikhawatirkan batal karena pandemi virus corona.

Obor Olimpiade itu tiba di Pangkalan Udara Pasukan Bela Diri Jepang di Matsushima dan akan dibawa keliling wilayah Tohoku, yang dulu dihantam tsunami dan gempa bumi.



Panitia penyelenggara menamai pawai ini dengan kirab "api pemulihan" yang digelar sampai upacara kick off resmi di Fukushima pada 26 Maret.

Panitia penyelenggara berulang kali mengatakan bahwa Olimpiade yang dijadwalkan pada 24 Juli sampai 9 Agustus itu jalan terus. Namun, setelah penyebaran virus corona yang menyebar sangat cepat, banyak turnamen olahraga yang dihentikan, sehingga memicu kekhawatiran Olimpiade juga akan ditunda atau dibatalkan.



Penyakit pernafasan yang awalnya muncul di China tahun lalu itu sudah membunuh 10.000 orang di seluruh dunia. Dan Jepang didesak untuk menunda perhelatan yang sudah menghabiskan dana 3 miliar dolar AS dari sponsor dan 12 miliar dolar AS untuk persiapan.

Pesawat pembawa obor Olimpiade itu hampir kosong setelah komite penyelenggara Olimpiade 2020 memutuskan tidak mengirimkan delegasi tingkat tinggi yang awalnya termasuk ketua panitia Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori dan Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto.