Fantasi yang berakhir bui

id artis narkoba

Fantasi  yang berakhir bui

Dua terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkotika, Tri Retno Prayudati atau Nunung (kanan) dan suaminya July Jan Sambiran (kiri) menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Komedian Nunung dan suaminya didakwa Jaksa Penuntut Umum telah menyalahgunakan narkotika jenis sabu dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

....Mungkin banyak yang bilang saya artis banyak 'haters' (pembeci)-nya. Itu kenapa saya harus konsumsi obat penenang supaya bisa tidur lebih tenang, kerja lebih tenang....
Jakarta (ANTARA) - Kehidupan selebriti ibu kota tak henti-hentinya menghiasi beragam platform media nasional.

Narasinya juga beragam. Dari aktivitas keseharian, polemik dan konflik hingga kasusnya.

Semua diolah oleh para punggawa-punggawa redaksi media dari berbagai sudut pandang (angle). Jadilah informasi itu seperti berseliweran sepanjang waktu.

Salah satu yang selalu menjadi perhatian adalah narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba) yang melibatkan artis ibu kota. Sebenarnya kasus narkoba yang melibatkan artis bukanlah informasi baru karena sudah sering terjadi.

Yang baru adalah sosok artisnya. Namun ada juga artis yang pernah terlibat penyalahgunaan narkoba kemudian terlibat lagi.

Entah mengapa artis dan selebriti banyak terlibat narkoba. Padahal sosialisasi bahaya narkoba juga tidak kurang, bahkan ada juga duta-duta narkoba dari kalangan artis.

Pengakuan para artis dan selebritis terlibat narkoba pun beragam. Pengakuan yang dipublikasikan polisi menunjukkan bahwa umumnya keterlibatan itu karena depresi, stres karena beban pekerjaan, penambah stamina, coba-coba, mencari aspirasi dan alasan lainnya.



Para ahli menyebutkan narkoba memicu halusinasi, fantasi dan sensasi. Tapi ironis kalau melakukan sesuatu demi sensasi dan fantasi, akhirnya berurusan dengan polisi.
 
Selebriti Lucinta Luna (kanan) bersama pasangannya, Abas atau DI (ANTARA/HO-Instagram @lucintaluna)

Penangkapan
Menjelang akhir 2019, sejumlah artis ditangkap karena diduga terlibat narkoba. Ada juga yang menjalani sidang kemudian divonis oleh pengadilan.

Polda Metro Jaya menangkap seorang artis bernama Rifat Umar karena diduga terkait penyalahgunaan narkoba pada 4 Oktober 2019. Sehari kemudian, penyanyi dangdut yang kondang melalui ajang pencarian bakat D'Academy Musim 2, Septyan Arochman (27) ditangkap polisi atas tuduhan penyalahgunaan narkoba, Sabtu (5/10/2019).

Artis Vicky Nitinegoro diamankan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya pada Rabu (16/10/2019) lantaran diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Namun Polda Metro Jaya membebaskan Vicky Nitinegoro karena hasil tes urine menunjukkan negatif atau tidak mengonsumsi narkoba.

Pemain sinetron serial "Madun" Ibnu Rahim ditangkap petugas dari Polres Tangerang Selatan pada Kamis (24/10/2019) karena diketahui sebagai pengedar narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Artis Jefri Nichol menjalani sidang vonis perkara kasus dugaan penyalahgunaan narkotika di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 11 November 2019.



Hakim menjatuhkan vonis tujuh bulan pidana dengan menjalani sisa pidana melalui rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta Timur.

Banding
Komedian Srimulat, Tri Retro Prayudati alias Nunung dan suaminya July Jan Sambiran divonis pidana 1,5 tahun rehabilitasi oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang pembacaan putusan Rabu (27/11/2019) dipimpin Majelis Hakim Agus Widodo.

Penyanyi Zul Zivilia divonis 18 tahun penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Rabu (18/12/2019). Pelantun "Aishiteru" ini juga didenda Rp1 miliar karena narkoba.

Kasus Narkotika itu berawal saat Zul Zivilia dan ketiga rekannya ditangkap polisi di Apartemen Gading River View City Home Kawasan MOI Jakarta Utara pada 1 Maret 2019.

Dari penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa sabu seberat 9,5 kilogram dan ekstasi sebanyak 24.000 butir. Atas vonis itu, dia menyatakan banding.

Selebriti Medina Zein pada Senin (30/12/2019) ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan sebagai bagian dari pengembangan kasus narkoba yang menjerat Ibra Azhari.

Namun Polda Metro Jaya pada 3 Januari 2020 mengumumkan rehabilitasi terhadap Medina Zein selama tiga bulan di Lembaga Pendidikan Polri, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.



Hal tersebut merujuk pada hasil penilaian dan evaluasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta yang merekomendasikan Medina Zein untuk direhabilitasi.

Beruntun
Dalam kurun dua bulan di 2020 saja sudah beberapa artis ibu kota ditangkap Polda Metro Jaya karena narkoba. Penangkapan itu beruntun sejak hari-hari awal tahun.

Aktris Nanie Darham ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya pada 10 Februari lantaran diduga terlibat penyalahgunaan narkotika jenis kokain.

Nanie adalah salah satu pemeran dalam film layar lebar berjudul "Air Terjun Pengantin". Ditangkapnya Nanie berawal dari informasi yang diterima penyidik Polda Metro Jaya soal peredaran kokain di Jakarta.

Pada 11 Februari, selebgram Lucinta Luna digiring ke Polres Metro Jakarta Barat atas dugaan keterkaitan kepemilikan narkoba. Dia mengaku mengonsunsi narkoba karena depresi.

Sebagai figur publik, dia mengakui sangat berisiko tinggi mengalami gangguan mental, akibat tidak siap menghadapi perundungan maupun hinaan dari penghujatnya.

"Mungkin banyak yang bilang saya artis banyak 'haters' (pembeci)-nya. Itu kenapa saya harus konsumsi obat penenang supaya bisa tidur lebih tenang, kerja lebih tenang," ujar dia.


 Lucinta Luna ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan narkoba dengan barang bukti dua butir pil ekstasi, tujuh butir pil riklona dan lima butir pil tramadol setelah ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya pada 20 Februari menangkap aktor Aulia Farhan lantaran diduga terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba juga.

Yang terbaru, artis FTV dan model Andi Novitalia alias Vitalia Sesha ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat atas dugaan kepemilikan narkoba dan psikotropika.

Vitalia Sesha ditangkap bersama pasangannya di sebuah apartemen di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/2).

Dunia artis dan selebriti memang terkesan gemerlap. Siapa pun yang ingin berkecimpung di dalamnya harus menyiapkan mental agar tidak tergelincir.

Keprihatinan mendalam dikemukakan banyak pihak atas keterlibatan kalangan artis dan selebritis dalam kasus narkoba. Apalagi kasus-kasus itu terungkap secara beruntun.

Pasti tidak semua artis dan selebriti terlibat penyalahgunaan narkoba. Mereka yang terlibat dalam kasus narkoba diyakini hanya sebagian kecil dari begitu banyak artis yang bersih dari narkoba.

Persoalannya, meski hanya sebagian artis yang terlibat narkoba, namun kasus itu merusak profesi dan dunianya. Tak sedikit orang yang kemudian sinis kepada profesi selebriti ini.

Tak berlebihan kiranya menyandarkan harapan bahwa sebagai figur publik semestinya mewarnai derap kehidupan dengan narasi yang patut dicontoh masyarakat, minimal bagi penggemarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar