Dinas PMD OKU catat 268 orang mendaftar calon kades

id Pilkades serentak Kabupaten OKU

Dinas PMD OKU catat 268 orang  mendaftar calon kades

Kepala Dinas PMD Kabupaten OKU, Ahmad Firdaus. (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencatat sebanyak 268 orang mendaftar sebagai calon kepala desa (kades) untuk bertarung dalam Pilkades serentak 2020 di 74 desa di wilayah setempat.

Kepala Dinas PMD Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Firdaus didampingi Sekretarisnya, Riduan di Baturaja, Sabtu menyampaikan bahwa sejak pendaftaran calon kepala desa (Cakades) dibuka pada 15 Januari 2020, hingga saat ini tercatat sebanyak 268 orang yang mendaftarkan diri sebagai Cakades.

"Pada Pilkades serentak 2020 ada 74 desa di OKU yang mengikuti proses pemilihan kades dan jumlah pendaftarnya tercatat sebanyak 268 orang," katanya.

Menurut dia, banyaknya jumlah peserta tersebut menunjukkan animo masyarakat OKU cukup tinggi dalam mengikuti pemilihan kepada desa di wilayah itu.

"Bakal calon kades terbanyak di Desa Karang Lantang, Kecamatan Muara Jaya yaitu mencapai sembilan orang," ungkapnya.

Dia mengemukakan, saat ini ratusan bakal calon kades tersebut sedang mengikuti tahap penelitian, klarifikasi dan verifikasi kelengkapan berkas oleh panitia Pilkades di setiap desa.

"Tahapan ini berlangsung sejak 22-28 Januari 2020 sebelum dilanjutkan proses pemilihan oleh masyarakat di wilayah masing-masing," jelasnya.

Khusus untuk desa yang calon kadesnya lebih dari lima orang, lanjut dia, akan menjalani tes tambahan menggunakan beberapa kriteria seperti pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan persyaratan lainnya sesuai ketetapan.

"Seleksi tambahan oleh panitia Pilkades ini untuk menentukan lima orang calon kades," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar