Sidang doping perenang andalan China, Sun Yang ditunda Oktober

id Sun Yang, Doping Sun Yang,Atlet doping

Mack Horton (kiri) menolak menaiki panggung karena memprotes medali emas kepada Sun Yang ((tengah) dalam kejuaraan dunia renang 2019 di Korea Selatan karena Sun Yang diklaim menggunakan doping. ANTARA/AFP/Ed JONES/aa

Paris, Prancis (ANTARA) - Mahkamah Arbitrase Olah Raga (CAS), Selasa waktu setempat, menyatakan sidang putusan menyangkut klarifikasi badan renang internasional FINA dalam kasus doping bintang China Sun Yang, ditunda sampai Oktober nanti.

Sun Yang peraih tiga medali emas Olimpiade dituduh menghancurkan sampel darah dengan palu saat tes doping tahun lalu, tetapi Januari silam telah diklarifikasi oleh FINA.

FINA membenarkan alasan Sun bahwa para penguji gagal menunjukkan identifikasi yang benar dan tidak mengikuti protokol yang benar.

Badan Antidoping Dunia (WADA) lalu merespons klarifikasi FINA itu dengan membawa kasus tersebut ke CAS.

Setelah selamat dari larangan bermain, Sun dibolehkan tampil pada Kejuaraan Dunia Renang di Gwangju bulan lalu di mana dia merebut dua medali emas tetapi menjadi sasaran protes atlet-atlet pesaingnya.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Selasa pekan ini, CAS menyatakan sidang yang sedianya September itu dtunda karena salah satu pihak meminta penundaan dengan alasan tertentu.

CAS menyatakan sidang untuk klarifikasi FINA itu diadakan sebelum akhir Oktober dan kemungkinan berlangsung di Swiss.

CAS juga menyatakan atas permintaan para pihak yang bersengketa maka sidang terbuka untuk publik. "Ini kali kedua dalam sejarah CAS sidang diadakan terbuka untuk publik," kata CAS seperti dikutip AFP.

Sidang terbuka untuk publik pertama terjadi pada 1999, juga melibatkan FINA, yang menyebutkan perenang Irlandia Michelle Smith De Bruin bersalah telah memakai doping. Smith meminta sidang terbuka untuk publik.

CAS membenarkan FINA yang menyimpulkan Smith berusaha mengencerkan sampel urin miliknya dengan alkohol.

 
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar