Danrem minta Subsatgas kebakaran hutan aktif

id Karhutla,Satgas Karhutla,Garuda Dempo

Danrem minta Subsatgas kebakaran  hutan aktif

Petugas memadamkan kebakaran lahan di di Desa Meranjat III/Tanjung Dayan Selatan Kecamatan Inderalaya Selatan, Sumatera Selatan, Selasa (16/7/2019) (Dokumen BPBD Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Arh Sonny Septiono meminta Subsatuan Tugas Pencegahan Kebakaran Kutan dan Lahan di kabupaten serta kota untuk lebih aktif dalam melakukan pencegahan.

"Masing-masing Subsatgas harus proaktif melaksanakan kegiatan nyata dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan," kata Danrem yang juga Dansatgas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu.

Dia menegaskan, seluruh unsur satgas harus bekerja keras dengan fokus pada pencegahan dan penindakan. Apalagi tugas tim satgas gabungan untuk melakukan pencegahan bukan pemadaman sehingga kebakaran hutan tidak terjadi.

"Melalui tindakan menempatkan, menguasai dan mengamankan wilayah dengan melaksanakan patroli serta sosialisasi bahaya kebakaran terhadap masyarakat untuk mengubah perilaku bakar lahan dalam olah lahan," katanya.

Memang, kata Danrem, peran TNI-Polri akan all out di seluruh unsur dengan fokus pada pencegahan dan penindakan termasuk dalam segala usaha yang bisa menimbulkan titik api baik oknum masyarakat maupun dunia usaha.

Selain itu membantu mengawal semua program agar fokus ke usaha pencegahan dan menindak tegas terhadap siapapun yang terbukti melakukan usaha potensial menimbulkan api.

"Memang apa yang dilakukan Satgas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Sumsel atas perintah dan instruksi Kepala BNPB, Pangdam II/Sriwijaya, Gubernur Sumsel dan Kapolda agar daerah ini bebas dari kabut asap," katanya.

Namun semua itu perlu peran serta seluruh lapisan masyarakat sehingga kabut asap tidak terjadi. Dalam upaya memaksimalkan pencegahan itu telah dilaksanakan rapat koordinasi gabungan.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Provinsi Sumsel yang juga sebagai Komandan Korem 044/Gapo dalam rapat koordinasi gabungan juga
melakukan konferensi video ke Kodim jajaran Korem 044/Gapo tentang rencana kegiatan Posko Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan Sumsel 2019.

Rakor juga dihadiri Danlanud SMH Palembang, Karo Ops Polda Sumsel, Ditreskrimsus Polda Sumsel, Dandim 0402/Ogan Komering Ilir, Tim Restorasi Gambut Sumsel, Kadis Kehutanan Sumsel dan lainnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar