Dekranasda diminta dongkrak UMKM

id Umkm, dekranada, dekranasda sumsel, dongkrak umkm, usaha kecil, pelaku usaha

Produk usaha UMKM (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah setempat dapat mendongkrak usaha menengah kecil dan makro supaya semakin berkembang.

"Saya minta Dekranasda bisa membangkitkan UMKM antara lain melalui pemasaran," kata gubernur di Palembang, Selasa. 

Dia menjelaskan, Dekranasda punya tanggung jawab sosial agar para pengrajin maupun pelaku UMKM  Sumsel dapat berkembang.

Selain itu Dekranasda bisa memasarkan produk UMKM baik lokal, nasional maupun secara internasional.

Yang jelas, katanya, pelaku UMKM tidak bisa dibiarkan sendiri, harus bersama memberi sumbangsih dan peduli agar pelaku usaha mereka dapat berpacu serta mampu bersaing dalam menjual produknya. 

Menurut dia, memotivasi, mendidik melalui bimbingan teknis (Bimtek), mengajarkan pelaku usaha berkreasi menciptakan produk agar diminati konsumen sangat diperlukan dalam pembinaan.

Memang, lanjut gubernur, Dekranasda Sumsel telah berperan dalam memajukan UMKM karena telah melaksanakan pembinaan seperti Bimtek.

Gubernur mengatakan, Bimtek Dekranasda "Craft Creativity Competition" 2019 sekaligus temu UMKM se- Sumatera Selatan beberap waktu lalu sebagai upaya meningkatkan perekonomian daerah ini.

Yang jelas UMKM di Sumsel harus terus berkembang agar perekonomian masyarakat semakin meningkat.

Jadi peran serta Dekranasda diharapkan dapat memfasilitasi para UMKM yang ada di Sumsel mulai dari kreatifitasnya hingga etalasenya. 

Apalagi sebagian besar pelaku UMKM di Sumsel masih bersifat konvensional sehingga pembinaan sangat diutamakan, tambah dia.










 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar