Fasilitas objek wisata di Barito Utara dirusak

id fasilitas wisata barito utara

Fasilitas untuk tempat berfoto (berbahan bambu) di kawasan Dam Trinsing Kecamatan Teweh Baru yang dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengecam
pengrusakan terhadap fasilitas milik Pemerintah Daerah setempat yaitu salah satu tempat berfoto di objek wisata di Dam Trinsing, Kecamatan Teweh Baru oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dan tidak ingin melihat daerahnya maju seperti daerah-daerah lain.

"Kami sangat mengecam tindakan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab tersebut belum lama ini," kata Kepala Dinas Budparpora Barito Utara Arbaidi di Muara Teweh, Rabu.

Fasilitas itu dibangun untuk memperindah objek wisata Dam Trinsing, sehingga menambah daya tarik masyarakat lokal maupun luar daerah untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Fasilitas untuk tempat berfoto (berbahan bambu) tersebut sengaja dibuat untuk memperindah tempat wisata kita. Jadi kita sangat disayangkan jika ada oknum yang sengaja melakukan pengrusakan.

Ia juga menyambut baik saran dan masukan dari Kepala Desa Trinsing Heri Mansupardi, terkait pembuatan tulisan berisi imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pengrusakan terhadap fasilitas di tempat wisata tersebut.

"Imbauan beserta sanksi terhadap orang yang sengaja melakukan pengrusakan terhadap fasilitas objek wisata akan kita buat, harapan kita masyarakat bisa bersama-sama menjaga fasilitas yang ada di tempat objek wisata," ujarnya.

Menurut dia pula, dengan semakin baiknya sektor wisata dan banyaknya pengunjung yang datang, hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terlebih masyarakat yang ada di sekitar tempat wisata.

"Kita dari Dinas Pariwisata juga tidak ada melarang jika ada masyarakat yang ingin berusaha, misalnya berjualan makanan dan minuman atau lainnya. Jadi mari kita bersama merawat fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah di lokasi wisata," kata Arbaidi.

Kawasan Dam Trinsing Kecamatan Teweh Baru merupakan salah satu objek wisata unggulan daerah ini selain air terjun Jantur Doyan di kilometer 18 Jalan Negara Muara Teweh - Paruk Cahu dan Bumi Perkemahan "Panglima Batur" di Trahean Kecamatan Teweh Selatan.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar