Membosankan, babak pertama Chelsea vs Arsenal

id arsenal,chelsea,final liga europa,liga europa

Membosankan, babak pertama Chelsea vs Arsenal

Kiper Arsenal Petr Cech menepis bola tembakan penyerang Chelsea Olivier Giroud dalam partai final Liga Europa di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Rabu (29/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Anton Vaganov)

Jakarta (ANTARA) - Babak pertama pertandingan final Liga Europa antara Chelsea melawan Arsenal berakhir imbang nirgol di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Kamis dini hari WIB, yang berjalan hampir membosankan.

Alokasi jatah tiket suporter masing-masing tim yang kurang dari 10 persen dari total kapasitas stadion juga tak membantu atmosfer pertandingan yang tak begitu mewakili kata final.

Statistik laman resmi UEFA mencatat hanya ada total sembilan percobaan tembakan dari kedua tim sepanjang 45 menit pertama, empat untuk Arsenal, lima bagi Chelsea.

Di antara itu semua, hanya dua percobaan tembakan Chelsea yang menemui sasaran yakni dari Emerson dan Olivier Giroud, yang keduanya bisa dimentahkan oleh kiper Petr Cech.

Sedangkan Arsenal, yang sebetulnya lebih dominan di 30 menit awal laga tak sekalipun melepaskan tembakan tepat sasaran.

Baca juga: Susunan pemain Chelsea vs Arsenal, Kante main sejak awal

Kedua tim tampil hati-hati di awal laga namun peluang pertama dimiliki oleh Arsenal pada menit kesembilan ketika Pierre-Emerick Aubameyang berusaha menyambar bola muntah hasil umpan silang Ainsley Maitland-Niles yang diantisipasi tak sempurna kiper Kepa Arrizabalaga, namun tembakannya melenceng jauh dari sasaran.

Lantas pada menit ke-18 para suporter Arsenal berteriak ketika Alexandre Lacazette jatuh di dalam kotak penalti saat berusaha melewati Kepa, namun wasit Gianluca Rocchi mengabaikan permintaan penalti sebab tak ada kontak antara kedua pemain.

Arsenal terus melanjutkan upaya tekanan terhadap Chelsea dan pada menit ke-27 Granit Xhaka melepaskan tendangan spekulasi yang sayangnya masih tipis mengenai bagian atas mistar gawang Kepa.

Chelsea berusaha keluar dari tekanan dan baru bisa melakukan ancaman pada menit ke-29 namun tembakan Emerson berhasil dihalau bek Sokratis Papastathopoulos dan empat menit kemudian tembakannya dimentahkan Cech.

Chelsea kembali memperoleh peluang pada menit ke-40 saat Olivier Giroud menerima sodoran bola dari Pedro Rodriguez di tepian kotak penalti, namun ia harus melakukan tembakan dengan kuda-kuda tak sempurna dan masih terjangkau untuk dihentikan oleh Cech.

Tak ada kesempatan lain hingga babak pertama usai dan kedua tim turun minum, di bangku cadangan masing-masing terdapat 12 pemain sesuai aturan anyar UEFA, Willian bisa diturunkan Sarri jika butuh kreativitas anyar di lini depan Chelsea, sedangkan Emery bisa berharap pada peran Alex Iwobi untuk menyeimbangkan eksploitasi serangan kiri dan kanannya.

Baca juga: Arsenal dan Chelsea berburu "fulus" di Liga Europa

Baca juga:
Prediksi Chelsea vs Arsenal

Susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabagala; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, David Luiz, Emerson; N'Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic; Pedro Rodriguez, Olivier Giroud, Eden Hazard
Pelatih: Maurizio Sarri

Arsenal (3-4-1-2): Petr Cech; Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Ainsley Maitland-Niles, Lucas Torreira, Granit Xhaka, Sead Kolasinac; Mesut Oezil; Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Unai Emery