Kemenag Sumsel bentuk tim pemandu haji

id jch,haji,pemandu haji,embarkasi palembang,kloter haji,tphd

Kemenag Sumsel bentuk tim pemandu haji

Bimbingan jemaah calon haji (Dok Kemenag Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Kementerian Agama Sumatera Selatan membentuk tim (47 orang) sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) guna membimbing para jamaah selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekah..

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Jumat, mengatakan tim tersebut akan melakukan bimbingan kepada para Jamaah calon haji Sumsel sesuai dengan surat Direktur Bina Haji Kementerian Agama dengan tugas TPHD tersebut antara lain membantu petugas kloter membina, melayani, dan melindungi jamaah.

"TPHD itu menjalankan tugas diminta atau tidak dan mereka membimbing jamaah yang akan menunaikan Rukun Islam kelima tersebut," kata dia.

Dengan adanya TPHD itu diharapkan para jamaah calon haji semakin khusuk dalam beribadah. Selain TPHD juga ada petugas kelompok terbang yang antara lain terdiri atas tim kesehatan.

Sementara untuk kuota jamaah haji Sumsel yang berangkat tahun ini tercatat 6.988 orang dan itu belum termasuk TPHD.

Jamaah Sumsel juga akan bergabung calon haji dari Kepulauan Bangka Belitung untuk diberangkatkan melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Bergabungnya calon haji kepulauan tersebut karena provinsi itu pemberangkatannya masuk dalam Embarkasi Palembang.

Mengenai tahapan yang dilaksanakan untuk calon jamaah haji sendiri, katanya  sekarang ini sedang melunasi BPIH dan rekam biometrik.