Gubernur: Minat baca masyarakat terus menurun

id herman deru,gubernur sumsel,antara sumsel,antara palembang,berita sumsel,berita palembang,baca,minta baca

Gubernur: Minat baca masyarakat terus menurun

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru mengatakan, minat masyarakat membaca buku sekarang terus menurun akibat adanya telepon genggam.

Dengan kehadiran telpon genggam atau Smartphone membuat masyarakat jarang membaca buku, kata Gubernur saat menghadiri sekaligus melantik Hj Percha Leanpuri sebagai Duta Literasi Sumsel di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan, di era serba digital saat ini kegemaran masyarakat akan membaca buku dan kepustakawan kian menurun sehingga itu perlu dibangkitkan kembali.

Dengan telah dinobatkannya Duta Literasi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dan bertanggung jawab yang tidak sederhana dalam meningkatkan minat baca.

Memang, lanjut Gubernur, itu tidak mudah untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam membaca.

Sementara upaya Pemprov Sumsel, dalam meningkatkan minat baca masyarakat dengan memperbanyak perpustakaan hingga ke-desa-desa.

Pihaknya pada 2019 akan mengakolasikan dana untuk taman bacaan dengan kemasan secara modern.

Targetnya kedepan setiap desa ada taman bacaan sehingga minat membaca masyarakat akan semakin banyak.

Dalam kesempatan itu, Gubernur minta kepada Duta Listerasi maupun pegawai negeri sipil yang membidangi permasalahan itu untuk mengajak anak - anak membaca dengan cara fleksibel dan tidak kaku.

"Tugas kita sama-sama mengubah pola pikir dan kehadiran tekhnologi jangan dijadikan saingan. Percha menjadi Duta Listerasi bukan karena anak Gubernur dan menunjukan bahwa memang berbakat mempengaruhi orang dalam membaca," ujarnya.

Menurut dia, setelah dilantik ini maka buatlah kegiatan untuk mempengaruhi anak usia dini sampai orang tua dalam membaca sehingga sebagai duta lebih banyak ke lapangan.

Sementara Duta Listerasi mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi bagaimana menyosialisasikan dan terus mengajak anak-anak di seluruh Sumsel agar gemar membaca dan menulis.

Pihaknya akan mengundang, baik siswa taman kanak-kanak, Paud, sekolah dasar dan keatasnya agar mereka gemar membaca dan datang keperpustakaan.

Namun, untuk motivasi masyarakat datang keperpustakaan membutuhkan dukungan dari pemerintah agar lingkungan tempat membaca itu lebih ramah dan nyaman sekaligus menjadi areal kegemaran bagi anak-anak dan seluruh masyarakat.