Kemkumham Sumsel minta dukungan pemda benahi Lapas

id lapas,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Rumah Tahanan Negara,Lembaga Pemasyarakatan

Kemkumham Sumsel minta dukungan pemda benahi Lapas

Dokumentasi - Razia gabungan di Lapas. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan meminta dukungan pemerintah daerah untuk melakukan pembenahan berbagai permasalahan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang tersebar di 17 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel ?memiliki berbagai permasalahan seperti jumlah penghuninya melebihi dari kapasitas ruang tahanan yang tersedia, kurangnya pasokan air bersih, akses jalan kurang baik, dan permasalahan lainnya, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumsel Sudirman D. Hury, di Palembang, Rabu.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan itu membutuhkan dukungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan pemkab/pemkot tempat beroperasinya lapas dan rutan, katanya.

Dia menjelaskan, Kanwil Kemenkumham Sumsel memiliki keterbatasan anggaran, jika tanpa dukungan pemerintah daerah sulit mengatasi berbagai permasalahan itu dengan cepat.

Sementara berbagai permasalahan yang terjadi di Lapas dan Rutan tersebut memerlukan penanganan yang cepat karena bisa memicu terjadinya keributan dan mengganggu kegiatan pembinaan narapidana/warga binaan.

Permasalahan itu telah diungkapkan kepada Gubernur Sumsel Herman Deru dan sejumlah bupati/wali kota dan para kepala daerah itu secara umum bersedia membantu mengatasi permasalahan di Lapas dan Rutan sesuai dengan kapasitas dan kondisi keuangan daerah, katanya.

Menurut dia, Gubernur Sumsel Herman Deru akan membantu penyelesaian beberapa permasalahan yang ada di sejumlah lapas dan rutan.

Beberapa permasalahan tersebut akan dibantu penyelesaiannya langsung oleh Pemprov Sumsel dan ada beberapa permasalahan yang perlu berkoordinasi dengan pemkot/pemkab.

Selain Pemprov Sumsel, salah satu pemerintah daerah yang telah menyatakan siap membantu mengatasi permasalahan itu terutama kelebihan penghuni lapas yakni Pemkab Musi Banyuasin akan membantu pengembangan lapas atau membangun ruang tahanan baru, kata Sudirman.