Konsumsi susu formula tidak boleh berlebih

id susu,konsumsi susu,anak,sarapan

Konsumsi susu formula tidak boleh berlebih

Susu. (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Susu penting untuk pertumbuhan tubuh anak, sebab menjadi sumber makanan bagi tulang karena kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D untuk membangun kekuatan tulang.

Ahli gizi klinik Rumah Sakit Mohammad (RSMH) Palembang, Yenita DCN MPH RD mengatakan, sejak lahir, anak-anak sudah membutuhkan kalsium yang biasanya diperoleh dari susu, meskipun membutuhkan kalsium yang banyak namun pemberian susu pun tidak boleh berlebih.

Saat anak telah dapat mengkonsumsi  makanan lengkap yakni nasi beserta lauk pauknya, pemberian susu harus dibatasi, jangan sampai berlebih.

“Konsumsi susu berlebih pada anak dapat menyebabkan si anak menjadi malas makan, sehingga nafsu makannya berkurang akibatnya anak bisa kekurangan zat gizi lain yang juga dibutuhkan tubuhnya,” ujarnya.

Anak-anak, lanjut Yenita, dianjurkan  untuk meminum susu dua kali sehari yakni pagi hari saat sarapan serta malam hari sebelum tidur.

 “Dua kali sehari itu cukup, yang tentunya disertai dengan tiga kali makan besar (makan nasi berserta lauk pauk) ditambah makanan selingan berupa buah-buahan,” tambahnya.

Orang tua harus jeli melihat label yang dikandung didalam sebuah susu. Perhatikan label informasi gizi dan kandungannya,  berapa kandungan proteinnya, memakai gula jenis apa,  kapan expired datenya, ada izin BPOM dan Depkesnya tidak. 

Semuanya harus diperhatikan agar tidak tertipu oleh penawaran iklan. Pasalnya, banyak sekali produk susu yang diiklankan, terlebih disertai penawaran dengan harga murah dan iming-iming hadiah, sehingga kewaspadaan dan kejelian orang tua untuk memilih susu berkualitas.