Rupiah Jumat pagi menguat sebesar 25 poin

id Rupiah,transaksikan antarbank,Monex Investindo Futures Ariston Tjendra,inflasi Amerika Serikat,berita sumsel,berita palembang,agresif the Fed,antara p

Rupiah Jumat pagi menguat sebesar 25 poin

Uang rupiah pecahan Rp100.000 bergambar Ir. Soekarno dan Dr (HC) Drs. Mohammad Hatta dan dolar AS (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi bergerak menguat sebesar 25 poin menjadi Rp15.280 dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.305 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat mengatakan data inflasi Amerika Serikat pada September 2018 yang dilihat dari indeks harga konsumen (CPI) lebih rendah dari estimasi para pelaku pasar.

"Data AS itu menahan laju mata uangnya terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah," katanya.

Ia mengemukakan CPI pada September 2018 tumbuh sebesar 0,1 persen, lebih rendah dari estimasi sebesar 0,2 persen dan juga lebih rendah dari bulan sebelumnya.

"Data yang di bawah estimasi itu kemungkinan dapat menurunkan tingkat agresif the Fed untuk menaikkan suku bunganya," katanya.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada menambahkan penurunan imbal hasil obligasi Amerika Serikat menjadi salah satu faktor yang menopang rupiah.

"Aksi beli diharapkan kembali marak terhadap aset berdenominasi rupiah," katanya.