KAI datangkan 19 lokomotif

id lokomotif,berita sumsel,kai,berita antara,PT Kereta Api Indonesia,lokomotif sarana angkutan logistik,Angkutan Barang

KAI datangkan 19 lokomotif

Bengkel lokomotif (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mendatangkan 19 lokomotif tahun ini untuk mendukung penyiapan sarana angkutan logistik.

"Tahun ini ada 278 dan kami berharap 19 lokomotif datang, dananya kira-kira Rp30-35 miliar per lokomotif, sedang diproses," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmor saat diskusi publik "Peran Kereta Api Guna Mendukung Peraturan Pemerintah dalam Penerapan Pembatasan Muatan Angkutan Barang di Jalan Raya" di Jakarta, Selasa.

Edi menjelaskan penambahan sarana lokomotif, salah satunya untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan pengangkutan barang melalui kereta api, seiring dengan kebijakan pembatasan angkutan barang melalui jalur darat, yaitu "overload overdimension" (ODOL) pada 1 Agustus lalu.

Namun, dia akuinya, saat ini para pemilik barang masih memilih angkutan darat karena dari segi tarif lebih murah, serta dari segi pengangkutan dari pintu ke pintu.

"Karena mereka bukan mengangkut dari stasiun ke stasiun, tapi dari pabrik, misalkan ke gudang penyimpanan. Jadi kami harus berpikir mendapatkan solusi dari pintu ke pintu, pemilik barang mendapatkan kemudahan diangkut dari titik semula sampai titik yang mereka mau bukan stasiun," katanya. Edi mengaku dari segi fasilitas sarana dan prasarana untuk angkutan logistik sudah siap.

"Penyiapan sarana yang pasti angkutan barang kami siap, tapi ada juga pengembangan penanganan bongkar muatnya, kemudian pengembangan kalog itu sendiri, sistem e-kargo tadi suatu pengembangan investasi yang harus dilakukan, tetapi kami siap mendukung itu," katanya.