ACT Sumsel kirim bantuan logistik ke Lombok

id Aksi Cepat Tanggap sumsel,berita sumsel,berita palembang,berita antara,act sumsel,bantuna lombok,bantuan korban gempa lombok,Ardiansyah

ACT Sumsel kirim bantuan logistik ke Lombok

Sejumlah korban gempa bumi berada di tenda pengungsian. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan, berencana segera memberangkatkan bantuan logistik bagi korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Keberangkatan empat truk bantuan ini dijadwalkan dilepas pada Minggu (2/9)," kata Branch Manager ACT Sumsel, Ardiansyah di Palembang, Kamis.

Menurut dia, bantuan berupa bahan pangan seperti beras, makanan siap saji, susu anak, air mineral serta pakaian ini merupakan donasi dari masyarakat Sumatera Selatan.?

ACT tidak hanya menghimpun dana tapi juga dalam bentuk barang.

"Ini adalah bantuan dalam bentuk barang yang akan kami berangkatkan, sedangkan yang dalam bentuk dana akan diperuntukan bagi program jangka panjang seperti pembangunan rumah anti gempa, sekolah, masjid dan MCK," katanya.

Ia menyatakan, saat ini ACT sudah masuk pada masa recovery, namun demikian masih tetap memberikan bantuan yang sifatnya emergency.

Pada awal terjadi bencana, bantuan logistik lebih diprioritaskan dari cabang di Pulau Jawa karena lebih dekat. Tapi untuk recovery, bantuan juga dikirim dari cabang pulau Sumatera dan Sulawesi, ujarnya.

Selain logistik, ACT juga mengirimkan lima orang relawannya untuk bergabung di posko ACT Lombok, Senin (3/9). Kelima orang yang dikirim memiliki kualifikasi masing-masing terdiri atas relawan logistik, medis, trauma healing, dokumentasi dan driver.

Tim ini nantinya akan ditugaskan minimal selama dua pekan di Lombok dan kemudian akan diganti dengan tim baru, katanya.