Tim terpadu akan periksa hewan potong

id sapi,hewan kurban,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Dinas Peternakan,pedagang hewan kurban

Tim terpadu akan periksa hewan potong

Dokumentasi- Pemeriksaan Kelayakan Hewan Kurban. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Tim terpadu yang dibawahi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memeriksa hewan potong yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional wilayah itu.

"Hewan sapi yang dipotong dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional Baturaja akan diperiksa kelayakannya untuk dikonsumsi masyarakat," kata Kabid Trantib Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Sofyan di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, tim terpadu yang melibatkan personel Satpol PP dan instansi terkait di Pemkab OKU tersebut dijadwalkan melakukan pemeriksaan hewan potong pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1439 H.

"Sidak ini dilakukan H-1 pelaksanaan hari raya Idul Adha dilaksanakan. Tim ini dibawah koordinator Dinas Peternakan dan Perikanan OKU," katanya.

Sidak tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari SK Bupati tentang tim gabungan sidak produk hasil ternak yang dijual pedagang di wilayah itu.

Selain itu, kata dia, juga bertujuan untuk memastikan hewan ternak yang sudah dipotong dan dijual kepada masyarakat memang layak dan baik untuk dikonsumsi.?

"Lokasi yang dituju seperti Pasar Induk Batukuning, Pasar Lama Baturaja, dan Pasar Baru Baturaja," ungkapnya.

Sementara itu, pantauan di sejumlah pasar tradisional menjelang hari raya Idul Adha, harga daging ayam potong dan daging sapi yang dijual mengalami kenaikan.

"Harga ayam potong sekarang Rp45.000 per ekor. Biasanya hanya Rp35.000 per ekor. Sementara daging sapi naik dari Rp110.000 per kilogram menjadi Rp130.000 per kilogram," kata Yani (42), pedagang ayam potong dan daging sapi di Pasar Atas Baturaja.