Harga ayam potong di berangsur normal

id ayam,pedagang ayam,harga ayam,berita sumsel,berita palembang

Harga ayam potong di berangsur normal

Pedagang memotong ayam pesanan pembeli. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir berangsur normal saat ini dipatok pedagang kisaran Rp24.000 per kilogram.

"Harga ayam potong saat ini turun kisaran Rp24.000 per kilogram (kg) setelah sebelumnya harganya sempat meroket diangka Rp32.000 per kg," kata salah seorang pedagang ayam potong di kawasan Pasar Atas Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Yani di Baturaja, Sabtu.

Menurut dia, harga ayam mengalami penurunan secara bertahap sejak sepekan terakhir mulai dari Rp28 ribu per kg turun menjadi Rp25.000 per kg dan sekarang ini diangka Rp24.000 per kg.

"Saya tidak tahu kenapa harganya bisa turun. Yang jelas sekarang ini pedagang mematok harga jualnya kisaran Rp24 ribu per kg," katanya.

Hanya saja kata dia, penurunan harga tersebut tidak mendongkrak daya beli masyarakat yang membeli ayam potong saat ini menurun drastis dibandingkan sebelumnya.

Ia mengemukakan, sebelum terjadi penurunan harga mampu menjual sekitar 40-50 ekor ayam potong setiap harinya.

"Namun sekarang ini dalam satu hari paling sekitar 20-25 ekor ayam yang laku terjual," kata Ida pedagang ayam lainnya secara terpisah menambahkan.

Ia mengatakan harga ayam potong di prediksi akan naik lagi pada tiga hari menjelang Idul Adha 1439 H mendatang seiring dengan kebutuhan masyarakat yang meningkat untuk kebutuhan lebaran.

"Biasanya menjelang lebaran harganya meroket lagi karena kebutuhan masyarakat yang membeli ayam untuk kebutuhan lebaran meningkat sedangkan pasokan dari agen pemasok di Baturaja ini berkurang," ujar dia.