Kopi Sumsel dinilai cukup bagus

id kopi,kopi sumsel,aroma kopi,petani kopi,pengolahan kopi,tanaman kopi,kebun kopi,kopi semendo

Dokumen - Memetik buah kopi semendo yang matang di area perkebunan kopi milik warga Semendo Darat Ulu Muara Enim, Sumatera Selatan,Senin (4/2). (ANTARA News Sumsel/13/Feny Selly)

....Kualitas kopi Sumsel cukup bagus, tinggal bagaimana cara memanen dan pengolahannya saja....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perkenbunan menilai kualitas komoditas kopi yang ada di Sumatera Selatan cukup bagus dan tinggal bagaimana cara panen serta pengolahannya agar memiliki rasa dan aromanya muncul.

"Kualitas kopi Sumsel cukup bagus, tinggal bagaimana cara memanen dan pengolahannya saja," kata Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Selatan Fahrurrozi di Palembang, Minggu.

Menurut dia, kalau panen kopinya belum matang tentunya akan mempengaruhi aroma. Jika dari panen kopinya belum bagus diolah juga kurang bagus.

"Jadi, kalau panen kopinya bagus, pengolahannyapun bagus tentunya baru muncul rasa dan aroma kopi tersebut," katanya.

Dinas Perkebunan Sumatera Selatan saat ini sedang mengidentifikasi kebun-kebun kopi unggulan yang ada di kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Ia menuturkan, kebun kopi di provinsi ini sangat luas, tapi belum tahu jenis kopi asal Sumsel tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya sedang mengidentifikasi kebun-kebun kopi unggulan tersebut, apakah jenisnya berada di tempat lain atau tidak, ujarnya.

Jika kopi ini unggulan lokal artinya varietas baru maka akan didaftarkan nanti sehingga bisa dikembangkan dengan membuat kebun bibit.

"Jadi, nantinya siapa yang mau menanam kopi bisa ambil bibit di sini, jenisnya apa. Kalau sekarang tidak tahu, malah ada nama-nama orang tertentu. Saat ini sedang dikembangkan yang ada di Kota Pagaralam," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar