Mahasiswa China pentaskan gamelan dan tari

id gamelan,berita sumsel,berita palembang,tari indonesia,gamelan CCOM,Ladrang Moncer Laras Pelog Pathet Barang, Sound of the Ganges River, Rejang Renteng

Mahasiswa China pentaskan gamelan dan tari

Dokumentasi- Pertunjukan Gamelan. (ANTARA)

Beijing (ANTARA News Sumsel) - Sekitar 70 mahasiswa Central Conservatory of Music (CCOM) Beijing, China, mementaskan gamelan dan tari-tarian dari Indonesia.

"Pementasan ini bagian dari ujian akhir program kelas gamelan, tari Indonesia, dan tabla India jurusan Musik," kata Risnandar, pengajar gamelan CCOM, kepada Antara di Beijing, Senin.

Ia menilai mahasiswa didiknya mampu menyajikan suguhan musik gamelan dan tari selama hampir dua jam dengan apik dan rancak.

Selain gamelan dan tari dari Indonesia, anak didiknya juga mementaskan musik tabla dari India.

Di sela-sela pementasan, Risnandar didampingi Ni Nyoman Yuliar Maheni, pengajar tari dari Institut Seni Indonesia, dan Sarit Das pengajar tabla, memberikan informasi mengenai musik dan tari.

Beberapa musik dan tari yang dibawakan para pelajar CCOM tersebut di antaranya Ladrang Moncer Laras Pelog Pathet Barang, Sound of the Ganges River, Rejang Renteng, Ladrang Wilujeng Laras Slendro Pathet Manyura, Kayida, Tortor, Ladrang Mugi Rahayu Lasar Slendro Pathet Manyura, Sekar Jagat, Lancaran Singa Nebah Laras Slendro Pathet Manyura, Pangpung, kolaborasi kendang-tabla, dan Kecak.

"Meskipun ujian, tapi pementasan tersebut disaksikan sekitar 300 penonton," kata Risnandar menambahkan.