Desa Batu Putih OKU membuka jalan baru

id jalan baru,membuat jalan baru,jalan aspal,berita sumsel,berita palembang,BUMDes Batu Putih

Desa Batu Putih OKU membuka jalan baru

Pekerja melakukan pengaspalan jalan. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintahan Desa Batu Putih Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membuka akses jalan baru untuk perlintasan warga, sekaligus sebagai persiapan perluasan permukiman.

"Pembukaan jalan baru di desa kami dimulai sejak Maret 2018 dan saat ini sudah hampir selesai," kata Kepala Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat OKU, Medi Chandra di Baturaja, Minggu.

Pembukaan jalan baru dilakukan selain sebagai akses perlintasan warga juga untuk memperluas wilayah permukiman di desa setempat, sehingga kalau ada warga yang mau mendirikan rumah akses jalannya sudah siap, ucapnya.

Pemerintahan Desa bersama masyarakat setempat secara swadaya membuka jalan baru sepanjang 2 kilometer (km) yang menghubungkan dusun II dan VI desa setempat hingga ke wilayah Trans Rantau Kumpai, Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

"Rencananya jalan akan dibuka sepanjang 5 km. namun saat ini baru 2 km dulu," jelasnya.

Dia mengemukakan, dalam membuka jalan itu pihaknya tidak menggunakan dana desa dari pemerintah pusat, melainkan dibiayai dari pendapatan tambang batu galian C yang ada di wilayah setempat.

"Dana yang kami gunakan dari pendapatan pengelolaan galian C yang menjadi bagian BUMDes Batu Putih," jelasnya.

Namun untuk tahap selanjutnya guna meningkatkan jalan yang dibuka itu agar dibangun cor beton pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU.

"Cor betonnya minta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten OKU. Sebab jika menggunakan dana dari?desa butuh waktu lama," katanya.