40 ton daging sapi disiapkan untuk lebaran

id daging, sapi,lebaran, persediaan, disiapkan, untuk idul fitri, bangka, sumsel

40 ton daging sapi disiapkan untuk lebaran

Dok.(Antarasumsel.com/Susilawati/Ang/17)

Toboali (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 40 ton daging sapi segar disiapkan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memenuhi permintaan konsumen menyambut Idul Fitri 2018.

"Untuk stok daging sapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena akan tetap tersedia selama pasokan lancar," kata Kepala Dinas Perdagangan Bangka Selatan, Muhammad melalui Kabid Perdagangan Saleh di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan saat ini persediaan daging sapi yang ada di beberapa pedagang besar di Bangka Selatan ada sebanyak 40 ton.

"Pasokan daging sapi ke Bangka Selatan hampir seluruhnya didatangkan dari luar daerah yakni sapi asal Lampung dan Pulau Jawa, hal ini karena sapi lokal masih dalam proses pengembangan," katanya.

Ia juga memastikan persedian ayam potong dan ayam kampung juga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini persedian ayam potong yang kita miliki ada sekitar 40 ton dengan harga yang relatif stabil.

Harga ayam potong sendiri masih berkisar  Rp35.000 per kilogram sedangkan untuk ayam kampung Rp50.000 per kilogram," katanya.

Menurutnya, untuk menjaga harga daging sapi dan daging ayam potong tetap stabil pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi dan Satgas Pangan untuk melakukan pengawasan untuk menghindari penimbunan stok.

"Pengawasan itu rananya adalah provinsi, jadi kami hanya memantau harga dan ketersediaan barang, langkah selanjutnya seperti pengawasan kami akan berkoordinasi dengan satgas pangan agar harga tetap stabil dan tidak dimainkan oleh oknum oknum tertentu, " katanya.