Celtics kini memimpin 3-2 atas Cavaliers

id Rookie Jayson Tatum,nba,beria sumsel,berita palembang,Cavs,final Wilayah Timur Playoff NBA,basket amerika,berita sumsel,Boston Celtics

Celtics kini memimpin 3-2 atas Cavaliers

Boston Celtics. (ANTARA News Sumsel/CelticsBlog)

Boston (ANTARA News Sumsel) - Rookie Jayson Tatum mencetak 24 poin dan tujuh rebound saat Boston Celtics menghempaskan Cleveland Cavaliers 96-83 pada Game 5 final Wilayah Timur Playoff NBA, Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi WIB tadi sehingga kedudukan kini 3-2 untuk Celtics.

Jaylen Brown menyumbangkan 17 poin, Al Horford 15 poin, sedangkan Marcus Morris dan Marcus Smart masing-masing mempersembahkan 13 poin untuk Boston. Celtics merebut semua dari tiga laga kandangnya yang selama seri playoff ini punya catatan memang-kalah di kandang 10-0.

LeBron James finis dengan 26 poin, ditambah 10 rebound dan lima assist untuk Cleveland, sedangkan Kevin Love mengkreasi 14 poin. Pada Game 4 dua hari lalu Cavaliers menang dengan selisih besar 111-102.

James dan Love menjadi dua pemain Cleveland  yang menciptakan double figure.

Berdasarkan statistik NBA, tim yang memenangi laga kelima setelah seri 2-2, kemungkinan besar atau 83,1 persen selalu memenangkan seri playoff.  Game 6 sendiri akan balik dimainkan di Cleveland, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu pagi WIB.

Boston tinggal satu kemenangan lagi untuk mencapai Final NBA pertamanya sejak 2010 ketika saat itu mereka takluk dalam tujuh game kepada Los Angeles Lakers. Sebaliknya, Cleveland sudah tiga kali berturut-turut lolos ke final NBA, sedangkan James sudah tujuh kali berturut-turut ke final bersama Cavs dan Miami Heat.

Tertinggal 60-76 memasuki kuarter keempat, Cleveland sempat tertinggal sampai 20 poin pada awal priode ini sebelum menyempitkkan kedudukan pada 73-85 berkat layup James pada 4 menit 43 detik terakhir.

Pemain Boston Terry Rozier melepaskan jumper pada 17 detik terakhir, disusul lemparan tiga angka Horford pada 3 menit 53 detik terakhir membawa Boston unggul sampai 90-73. Cavs menyerah setelah James ditarik keluar pada 3 menit 11 detik tersisa, demikian Reuters.